Lompat ke isi utama
x

Dirbina Haji : Narasi Moderasi Beragama Bisa Tingkatkan Saleh Pribadi dan Saleh Sosial Jemaah Haji

khoirizi

Jakarta (PHU)—Direktur Bina Haji (Dirbina) Kementerian Agama Khoirizi H. Dasir menegaskan narasi moderasi beragama dapat meningkatkan kesalehan pribadi dan kesalehan sosial bagi jemaah haji yang pasca menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Demikian ditegaskannya saat webinar daring yang mengusung tema “Haji Saleh Pribadi dan Sosial”. Sabtu (12/09).

“Ketika orang sudah menunaikan ibadah haji. Narasi moderasi jadi kalimat utama dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kata moderasi ini dapat meingkatkan ksselahan pribadi dan kesalehan sosial jemaah haji itu sendiri,” kata Khoirizi.

Menurutnya, haji merupakan rukun pamungkas dari lima rukun islam. Haji tidak terlepas dari makna menanamkan jiwa solidaritas sehingga dapat langsung diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak mudah meningkatkan kesalehan pribadi ketahap kesalehan sosial, jika kita masih memmentingkan kepentingan pribadi,” ujarnya.

Dirinya sangat prihatin dengan kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia saat ini, tetapi diaukuinya masih banyak yang terlupakan bahwa kesalehan seseorang merupakan bagian dari kemakmuran orang lain. “Buat apa dia saleh tapi lingkungannya masih terdapat kekurangan. Dia bisa membentengi dirinya tapi tidak bisa membentengi lingkungannya,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Khoirizi meminta kepada Kantor Urusan Agama (KUA), Seksi PHU Kemenag Kabupaten/Kota, Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi serta peran alumni petugas haji untuk memperkuat dakwah dan manasik kepada seluruh jemaah haji yang tertunda keberangkatannya pada tahun ini.

“Sehingga meraka tidak lupa syarat, rükun dan wajib hajinya,” tandasnya

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro