Lompat ke isi utama
x

Dirbina UHK  Apreasiasi Digitalisasi Layanan Haji dan Umrah Kemenag Bekasi

ab

Bekasi (PHU)---Pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah telah mengalami banyak perubahan. Berbagai jenis layanannya telah meninggalkan layanan manual yang cenderung konvensional dan bertransformasi menjadi layanan berbasis digital.

Digitalisasi layanan haji dan umrah tersebut banyak terlihat bukan hanya pada level Pusat. Transfornasi digital layanan haji dan umrah juga terlihat jelas pada di Kementerian Agama Provinsi maupun Kabupaten Kota. Sebagaimana saat kunjungan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin, di Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi beberapa waktu lalu.

“Jawa Barat sudah sangat baik menerapkan IT dalam layanan haji dan umrah, terbukti dengan berbagai inovasi digital yang telah dilakukan, termasuk yang ada di Kota Bekasi,” tutur Nur Arifin saat melaksanakan koordinasi dan konsolidasi umrah dan haji khusus di Kementerian Agama Kota Bekasi.

Nur Arifin  berharap layanan umrah dan haji khusus juga lebih banyak memanfaatkan teknologi digital. Ada banyak aspek yang menurut Nur Arifin perlunya digitalisasi layanan haji dan umrah.

“Penyelenggaraan haji dan umrah memang sangat membutuhkan pengembangan layanan digital karena melibatkan banyak instansi, jemaahnya sangat banyak, dilakukan di waktu yang terbatas, dan dilaksanakan di negara lain. Tidak mungkin kalau semuanya masih manual, maka digitalisasi layanan merupakan sebuah keniscayaan,” ungkap Nur Arifin.

 

FGD Digitalisasi Layanan Umrah dan Haji Khusus

Sementara itu, Subdit Sistem Informasi Haji Terpadu (SIHDU) juga sedang menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang membahas proses transformasi digital layanan pada umrah dan haji khusus. FGD digelar selama tiga hari pada 11-13 Oktober 2021 di Jakarta. Pembahasan untuk menuntaskan digitalisasi pada layanan perizinan PPIU-PIHK, akreditasi/sertifikasi PPIU-PIHK, pendaftaran dan pembatalan haji khusus, mutasi Jemaah antar PIHK, pengawasan PPIU-PIHK, pelaporan, dan penanganan masalah umrah dan haji khusus. (ab/ab)

Penulis
Abdul Basir
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca