Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU : Konsep Moderasi Beragama Jadi Pilihan Terbaik Umat Saat Ini

Hilman Latief

Bogor (PHU)-- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief membuka acara Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kegiatan ini diselenggarakan di Padjadjaran Suites Resort & Hotel Bogor dengan peserta yang berasal dari ASN Ditjen PHU.

Menurut Hilman, konsep moderasi beragama merupakan pilihan terbaik umat saat ini karena dapat bersikap adil, seimbang, khususnya dalam hal bertukar pikiran, sikap dan perilaku terhadap sesama 

“Pada saat ini, kita berada di zaman umat pertengahan. Berdasarkan Al-Quran, umat pilihan terbaik adalah golongan yang dapat bersikap adil, seimbang, khususnya dalam hal bertukar pikiran, sikap dan perilaku terhadap sesama. Termasuk sewaktu menjadi petugas haji di Arab Saudi, maupun di Indonesia,” jelasnya. Senin, (19/09/2022).

Hilman menyatakan cukup berat khususnya manusia untuk bersikap seperti itu, salah satunya bersikap toleransi terhadap keyakinan masing-masing.

“Kenapa sistem moderasi itu sangat erat dan abstrak dengan keadilan? ternyata korelasi ini menjadi hal penting. Moderasi beragama banyak disebutkan oleh para ahli agama, dijelaskan jika kita mau memberikan penilaian terhadap orang lain, maka lakukanlah dengan cara yang adil dan tidak memihak ke salah satu,” ujarnya.

Hilman mengimbau moderasi beragama perlu digaungkan, karena Aparatur Sipil Negara (ASN) berperan penting sebagai ujung tombak untuk senantiasa menerapkan dan mempedomani sikap yang ada di dalam Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Apa yang harus kita lakukan? tentu saja saling menghargai. Oleh karena itu, maksud dan tujuannya diselenggarakan acara ini, karena dalam berkehidupan sosial dan dalam dunia kerja, tantangan dan ujian akan selalu datang,” kata Hilman.

Hilman juga menjelaskan kewajiban Kementerian Agama mempunyai kewajiban penting dalam meningkatkan wawasan, termasuk menyikapi perilaku toleransi beragama ditingkat Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Saya berharap hadirin sekalian dapat mengikuti acara dengan baik, dan mempedomani sikap yang telah dipelajari kedalam kehidupan sosial dan bermasyarakat,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber Staf Khusus Kementerian Agama Isfah Abidal Aziz, serta perwakilan dari Kelompok Kerja Penguatan Moderasi Beragama Kemenag dan Peserta undangan.

Penulis
Winda Galuh Desfianti
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca