Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU Lantik 23 PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede Tahun 1443H/2022M

Ppih

Jakarta (PHU)--Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief melantikĀ 23 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Pondok Gede Jakarta Tahun 1443H/2022M.

Dalam sambutannya Hilman mengatakan untuk operasional tahun ini, jemaah haji akan diterbangkan dari 13 embarkasi haji, kurang lebih sebanyak 92.825 jemaah yang tergabung dalam 241 flight.

Hilman menuturkan terkait pengangkutan jemaah haji telah dilakukan proses seleksi dan negoisasi, Pemerintah sudah menetapkan PT Garuda Indonesia dan Saudia Arabian Airlines untuk mengangkut jemaah haji Indonesia.

"PT Garuda Indonesia akan menerbangkan jemaah haji pergi pulang asal embarkasi Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta/Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok," kata Hilman dalam sambutan Pengukuhan PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede yang berlangsung di Gedung Serba Guna 1 UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Jumat (13/5/2022).

"Sedangkan Saudi Arabian Airlines akan menerbangkan jemaah haji Indonesia asal Embarkasi Batam, Palembang, dakarta Bekasi dan Surabaya," sambungnya.

Sedangkan untuk keselamatan keamanan dan kenyamanan, penerbangan jemaah haji akan mendapatkan tas bagasi yang dapat diisi maksimal 32 kg, tas kabin yang dapat diisi maksimal 7 kg dan tas paspor.

Selama dalam penerbangan, lanjut Hilman, jemaah haji dapat pelayanan 2 kali makan dan 1 kali makanan ringan (snack} dan minuman sesuai dengan standar penerbangan internasional dengan mengacu pada hasil meal taste.

Dirinya juga membeberkan beberapa inovasi penyelenggaraan haji tahun 2022, diantaranya adalah Penempatan jemaah haji di Makkah dengan sistem zonasi berdasarkan asal embarkasi, Fast track (jalur cepat) imigrasi bisa akan dilaksanakanĀ  di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi, serta pada tahun sebelumnya jemah haji hanya mendapat 2 kali makan dan pada tahun ini Jemaah haji akan mendapatkan 3 kali makan saat di pemondokan.

"Pelayanan diembarkasi atau debarkasi haji adalah kegiatan yang sangat penting karena akan memberikan kesan pertama yang mendalam kepada para jemaah haji tentang proses penyelenggaraan haji dan bahkan merupakan cermin dari kualitas pelayanan haji di tanah air, oleh karena itu PPIH Embarkasi hendaknya membangun kesan positif terhadap hal tersebut dengan bekerja secara optimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga tercipta layanan prima sebagaimana yang diharapkan kita bersama," ujar Hilman.

Dirinya berharap, kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan ibadah haji bisa diwujudkan apabila didukung oleh SDM yang ikhlas, terampil, cekatan dan amanah serta dilaksanakan dengan kerja sama dan koordinasi yang baik.

"Kami yakin PPIH embarkasi Jakarta-Pondok Gede tahun 1443H/2022M yang baru saja dilantik mampu mewujudkan hal tersebut," pungkasnya.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca