Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid dan Gudang Koper Jemaah Haji di Asrama Haji Manado

nizar

Manado (PHU) - Direktur Jenderal penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar resmi melatakkan batu pertama pembangunan masjid dan gudang penyimpanan koper di Asrama Haji Manado.

“Peletakkan batu pertama pembangunan masjid dan gudang penyimpanan koper ini merupakan pembangunan yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” kata Nizar.

Lebih lanjut dia mengapresiasi atas totalitas yang dilakukan oleh Kakanwil Sulawesi Utara beserta jajarannya yang sebelumnya sudah memaparkan dengan rinci progress pembangunan masjid dan gedung penyimpanan koper.

Dia juga menegaskan hal-hal yang berkaitan dengan sarana prasarana yaitu aksesoris atau mebeler yang seharusnya perencanaannya bisa dilakukan sekaligus.

“Banngunannya harus fungsional dan termasuk aksesorisnya seperti mebeler karena SBSN itu prinsipnya bangunan tersebut harus fungsional, artinya bisa digunakan setelah pembangunan selesai. Jika perencanaanya dari 100 % anggarannya yang di setujui 70% maka perencanaannya harus disesuaikan dengan anggaran yang disetujui, prinsipnya dari awal menyusun konsep seluasnya,” jelas dia.

manadoooo

Dikesempatan yang sama Sekretris Ditjen PHU Ramadhan Harisman mengharapkan penyerapan anggaran harus sesuai target, kendala-kendala yang disampaikan harus cepat dicari jalan keluarnya.

"Anggaran yang diberikan harus diserap dengan baik untuk itu penyerapannya juga harus sesuai target. Kendala pengiriman barang yang dipesan dari luar daerah agar segera dibuatkan kontraknya sehingga sampai disini sesuai dengan estimasi," tegas dia.

Ramadhan juga mengingatkan pemanfaatan gedung koper diluar operasional penyelenggaraan haji harus dipikirkan.

"Gedung yang dibangun untuk gudang koper cukup luas dan digunakan pada saat operasional haji, jika usai operasional haji maka harus ada manfaatnya, bisa disewakan dan hasilnya dapat kembali ke pengelolaan asrama haji jangan sampai sia-sia, semua yang dibangun dari SBSN harus ada nilai manfaatnya," ungkapnya.

Penulis
ranita
Editor
husni anggoro