Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU Pasang Tiang Pancang Pembangunan Asrama Haji Indramayu

Indramayu

Indramayu (PHU) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar, menghadiri pemasangan tiang pancang pertama pembangunan Asrama Haji Indramayu di Indramayu Jawa Barat, Rabu (12/08).

Dalam kesempatan itu, Nizar secara langsung melakukan pemancangan tiang pertama dengan dipandu operator proyek.

Nizar mengatakan, setelah pemasangan pancang pertama tersebut diharapkan kepada pelaksana proyek, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) maupun pihak terkait agar menyusun rencana dengan baik serta memanfaatkan waktu yang tersisa.

"Waktu yang tersisa sekarang untuk menyelesaikan proyek ini sisa sedikit sekali, sehingga kami berharap supaya semua pihak yang terlibat dalam pembangunan asrama haji Indramayu ini dapat memperhatikan betul-betul pengerjaannya agar bisa selesai tepat waktu sesuai kontrak yang ada," tuturnya.

Nizar menjelaskan pembangunan asrama haji ini merupakan proyek percontohan pertama yang menggunakan sistem multiyears (proyek tahunan). "Proyek ini adalah pembangunan asrama haji pertama yang multiyears. Ini adalah percontohannya," kata Nizar.

Ia mengakui, proyek pembangunan asrama haji ini adalah proyek yang ditunggu-tunggu Bupati Indramayu, karena tanah yang diserahterimakan ke Kemenag merupakan tanah hibah dari Pemda Indramayu.

"ini sangat ditunggu-tunggu pak Bupati karena saya sudah janji akan membangun asrama haji," jelasnya.

Nizar berpesan agar pembangunan asrama haji ini selesai tepat waktu karena untuk Indramayu dirasa tidak ada masalah terkait bahan-bahan material maupun sumber daya manusia (SDM)nya.

"Maka dari itu manajemen kontruksi harus sinergi dengan pelaksana proyek dalam kerjasama pembangunan ini, mudah-mudahan ini merupakan awal yang baik," ujar Nizar.

"Teman-teman saya kira punya pengalaman dalam pembangunan proyek, dan saya harap bulan Desember bisa diresmikan Menag dan langsung disambung ditahun 2021," tambahnya.

Indramayu

Dikesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat Adib juga berpesan agar kontraktor dapat mengerjakan pembangunan asrama haji ini dengan baik dan selesai tepat waktu.

Kedepannya, pihaknya juga sudah berencana mengajukan tambahan lahan seluas 5 hektare kepada pemerintah provinsi untuk perluasan asrama haji Indramayu.

"Kami juga kedepannya sudah mengajukan lahan 5 hektar kepada pemprov, saya juga berharap manajemen konstruksi dapat memantau betul pembangunan proyek ini," kata Adib.

Lokasi lahan pembangunan Asrama Haji Indramayu ini berdiri di atas dua desa yaitu Desa legok Kecamatan Lohbener seluas 76.686 m2 dan Desa Lohbener 1.352 m2 dengan total jumlah luas seluruhnya 78.030 m2.

Dalam kegiatan pemasangan tiang pancang pertama pembangunan Asrama Haji Indramayu tersebut turut dihadiri, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat Adib, Kabid PHU Kemenag Jabar Ajam Mustajam, serta Kabag Perencanaan dan Humas Slamet.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro