Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU : Tidak Hanya Jemaah Haji, Asrama Haji Adalah Milik Masyarakat 

manadoooo

Manado (PHU)—Dirjen Penyelenggaraan Hajji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar menegaskan penggunaan fasilitas di Asrama Haji tidak hanya dikhususkan untuk jemaah haji saja tetapi juga bisa dipergunakan oleh masyarakat umum yang dalam hal ini adalah non muslim

“Meskipun judulnya adalah Asrama Haji, jadi teman-teman yang beragama lain juga boleh mempergunakannya,” kata Nizar saat sambutannya pada acara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid dan Gudang Penyimpanan Koper jemaah haji di Asrama Haji Manado Sulawesi Utara. Jumat (25/09).

Walaupun boleh dipergunakan untuk masyarakat umum, terapi sekli lagi ia tegaskan pengguanaannya tidak boleh untuk kegiatan ibadah atau sembahyang bagi warga non muslim,” jelasnya.

Tetapi, lanjutnya, untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya ilmiah dan akedemik diperbolehkan.

manadoo

Selain itu juga, ia berharap tahun depan, Asrama Haji Manado sudah bisa menjadi Embarkasi Antara, jifa semua stakeholder, Pemda serta masyarakat Sulut mendukung. “Mudah-mudahan ini kedepannya bisa menjadi Embarkasi Antara dan sudan tentu manfaatnya besar sekali jadi tidak lagi harus ke Balikpapan,” harapnya.

Ia juga meminta Kanwil Kemenag untuk terus berkoordinasi dengan Pemda setempat agar diberikan anggaran, karena itu merupakan kewajiban Pemda untuk mensupport penbiayaan transportasi udara dari Asrama Haji Manado ke Balikpapan.

“Kalau nanti dibebankan ke jemaah kan kasihan, maka negara harus hadir, terutama penguasa wilayahnya untuk berkontribusi terhadap rakyatnya sehingga jemaah haji bisa nyaman dan mendapat perlindungan dari pemerintah,” ujarnya.

Ia berharap, nantinya partisipasi dari masyarakat dan pengelola asrama haji untuk merawat dan menjaga masjid tersebut dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Saya berpesan agar nanti masjid ini dirawat dan dimanfaatkan dengan baik,” tandasnya.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro