Lompat ke isi utama
x

Disiapkan Jadi RS Darurat, Presiden Jokowi Tinjau Asrama Haji Pondok Gede 

Ri1

Jakarta (PHU) --- Presiden Joko Widodo, Senin (5/7/2021) malam, meninjau asrama haji Pondok Gede. 

Menurut Sesditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramadhan Harisman, Presiden tiba sekitar pukul 20.40 WIB, didampingi Menteri Kesehatan dan Menteri PUPR.

"Beliau kurang lebih 20 menit di Asrama Haji Pondok Gede, meninjau gedung, salah satunya gedung A," terang Ramadhan yang berada di lokasi saat kunjungan Presiden ke asrama haji Pondok Gede.

Hadir juga, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz atau Gus Alex. 

Ada sejumlah gedung, kata Ramadhan, yang telah disiapkan Kemenag untuk membantu penanganan pasien Covid-19. Selain gedung Arafah yang sudah digunakan RS Haji, ada gedung D1 dan D2 yang disiapkan sebagai tempat tenaga kesehatan (nakes) dengan kapasitas 333 bed.

Bangunan lain yang akan digunakan adalah gedung A, B, C, H, dan D5. Lima gedung ini kapasitasnya bisa mencapai 772 bed. Gedung-gedung ini akan disiapkan untuk pasien. Selain itu, disiapkan juga gedung D3 dan D4 dengan kapasitas 365 bed untuk nakes.

Sementara gedung E, dengan kapasitas 160 bed, disiapkan sebagai cadangan.

Kasubbag Tata Usaha UPT Asrama Haji Imam Teguh membenarkan kunjungan Jokowi ke Asrama Haji, sebelum kedatangan, pihaknya sudah diberitahun Paspampres dan Dandim jika Jokowi akan meninjau fasilitas yang akan digunakan sebagai RS Darurat.

"Iya benar, sekitar pukul 20.30 malam Jokowi meninjau beberapa fasilitas asrama haji yang akan digunakan sebagai RS Darurat," kata Imam.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mempersilakan Rumah Sakit (RS) Haji dan Asrama Haji dimanfaatkan untuk penanganan pasien Covid-19. 

Tidak kurang 25 asrama haji yang sudah disiapkan untuk penanganan pasien Covid-19. Sampai hari ini, tercatat sudah ada 1.054 pasien yang memanfaatkan. 

"Saya sudah menerbitkan instruksi untuk Sekjen, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kakanwil dan Kepala Asrama Haji seluruh Indonesia, terkait optimalisasi pemanfaatan asrama haji," kata Menag

Menurut Menag, menghadapi Pandemi Covid-19 ini tidak bisa dilakukan secara sendiri. Karenanya, Kemenag berkolaborasi dengan Kemenkes, Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan instansi terkait lainnya dalam penanganan Covid-19.

"Asrama Haji Pondok Gede, insya Allah bisa dioptimalkan hingga penanganan 1000 pasien Covid-19. Ini cukup memadai dengan fasilitas yang ada dan sarana yang akan disupport Pertamedika, Kemenkes, Kementerian PUPR. Semoga hari Rabu sudah siap dipakai," ujar Menteri yang akrab disapa Gus Yaqut ini.

Penulis
Rusydi Sani
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca