Lompat ke isi utama
x

Ditjen PHU Dorong Pemberangkatan Umrah Gunakan Satu Pintu

khoirizi

Tangerang Selatan (PHU)—Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Khoirizi mendorong pemberangkatan jemaah umrah dari Indonesia menggunakan satu pintu yakni sebelum berangkat ke Tanah Suci jemaah umrah dapat memanfaatkan fasilitas Asrama Haji.

“Kita berangkatkan dengan satu pintu , umpamanya saat ini kita buka saja pintunya untuk ke Arab Saudi lewat Asrama Haji Pondok Gede,” kata Khoirizi saat FGD Persiapan Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Bintaro, Tangerang Selatan. Kamis (26/08/2021).

Strategi satu pintu ini, kata Khoirizi agar pemerintah dapat memitigasinya dengan jelas, sehinggga jika terjadi hal-hal yang tijdvak diinginkan, pemerintah dapat mentracing riwayatnya melalui fakta dan data.

Didalam asrama haji tersebut, bisa dilakukan vaksinasi ataupun pengecekkan dokumen jemaah umrahnya. “Disitu kita lakukan vaksinnya, dokumennya kita cek seperti haji supaya kita bisa memitigasinya dengan jelas, kalau ada apa-apa, kita bisa tanggungjawabkan dengan tepat karena terlebih dahulu sudah mentracing riwayat penyakitnya melalui fakta dan data,” jelasnya.

Untuk itulah, dirinya menginginkan ada sinergi dari semua pihak terkait, seperti Kemenkes, Kemenkumham, serta penerbangan guna menyiapkan fasilitas-fasilitas tersebut di asrama haji.

Turut hadir dalam FGD tersebut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr. Budi Sylvana serta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca