Lompat ke isi utama
x

Ditjen PHU Dukung Penuh Pembangunan PLHUT di Kaltara

ses

Jakarta (PHU)—Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mendukung penuh pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Provinsi Kalimantan Utara (kaltara).

Demikian dikatakan Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman saat webinar Komunikasi, Informasi dan Edukasi Perhajian se Kalimantan Utara. Selasa (04/08/2021).

Ramadhan mengakui, saat ini baru satu Kabuapeten yang baru mengusulkan pembangunan PLHUT yaitu di Kabupaten Bulungan pada tahun 2022. Nantinya ia berharap seluruh Kabupaten/Kota di Kaltara mempunyai gedung PLHUT.

“Diharapkan nantinya seluruh kabupaten kota di Kaltara bisa punya Pusat Layanan Haji dan Umrah, kami dukung penuh Pak Kanwil,” harap Ramadhan.

Pembangunan PLHUT tersebut kata Ramadhan adalah upaya dari Kemenag untuk membimbing Jemaah haji melalui program manasik sepanjang tahun yang telah digagas sebelumnya oleh Dirjen PHU Nizar yang kini telah menjabat sebagai Sekjen Kemenag.

 

Peran Penyuluh Agama

Selain itu, untuk mencapai sasaran langsung Jemaah haji yang ada di setiap kecamatan, Ramadhan mengajak kepada seluruh Penyuluh Agama Islam yang ditugaskan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan untuk diberdayakan untuk membimbing manasik.

“Kita akan memberdayakan Penyuluh Agama di KUA, karena selama ini pelaksanaan manasik itu hanya dilaksanakan menjelang Jemaah haji berangkat, sekarang program manasik sepanjang tahun, jadi manasik haji tidak hanya diberikan kepada Jemaah yang mau berangkat saja, tetapi Jemaah yang masuk kedalam daftar tunggu (waiting list) juga akan diberikan,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya akan membahas ini dengan Ditjen Bimas Islam, karena tugas, pokok dan fungsi Penyuluh Agama menjadi wewenang Ditjen Bimas Islam.

“Selain melakukan pembinaan agama, kami juga akan bahas dengan Ditjen Bimas Islam, karena penyuluh ini salah satunya uraian tugasnya adalah memberikan manasik haji ini,” jelasnya.

“Mungkin bisa menjadi salah satu poin untuk angka kredit para penyuluh,” tandasnya.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca