Lompat ke isi utama
x

Ditjen PHU Libatkan KUA Sapa Jemaah Masa Tunggu

Hilman

Jakarta (PHU) -- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) akan melibatkan peran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam program menyapa jemaah haji dalam masa tunggu.

Demikian diungkapkan Dirjen PHU Hilman Latief saat saat Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Kamis (20/01/2022) di Hotel Kristal, Jakarta Selatan. 

"Saya telah berdiskusi dengan Dirjen Bimas Islam untuk memanfaatkan KUA dalam program menyapa jemaah haji masa tunggu", jelas Hilman.

Ia menjelaskan bahwa bahan utama diskusi pengawasan tersebut ialah situasi pandemi dan regulasi baru serta implikasinya. "Pada situasi pandemi seperti saat ini, tentunya banyak perubahan yang terjadi pada regulasi karena kesehatan jemaah menjadi hal yang utama. Disamping itu pula, selama operasional haji pelayanannya pun harus disesuaikan dengan masa pandemi," kata Hilman.

Mengingat masa tunggu haji dan jumlah pendaftar haji yang sudah mencapai kurang lebih 5 juta orang, Hilman menyampaikan rencananya untuk menyapa 5 juta calon jemaah haji tersebut.

Hilman menekankan orientasi pada kemandirian jemaah mandiri dalam kemampuan ibadah dan kesehatan fisik menjadi hal yang penting dalam pelaksanaan ibadah haji di masa pandemi.

"Rencana skema pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 hampir sama dengan prosedur umrah saat ini, yaitu menitikberatkan pada aspek digital," tegas Hilman.

Di samping itu, pembimbing juga menjadi kunci dari konsep kemandirian jemaah. Dengan jemaah yang mandiri, pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lebih baik," tutupnya. 

Hadir dalam acara tersebut, Sekjen Kemenag merangkap Plt. Itjen Kemenag Nizar, Dirjen PHU Hilman Latief,  Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, Sekretaris  Itjen merangkap plt. Inspektur Wilayah III, Inspektur Wilayah I, Inspektur Wilayah II, Inspektur Wilayah IV, perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Kesehatan.

Penulis
Amnia Salma
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca