Lompat ke isi utama
x

Evaluasi Haji 2022, Kakanwil Kalbar Siapkan Asrama Haji Jadi Embarkasi Antara

yanis

Pontianak (PHU) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Muhajirin Yanis tengah mempersiapkan Asrama Haji Kalimantan Barat menjadi Embarkasi Antara. Hal ini disampaikannya saat hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022 di Pontianak, Selasa (15/11/2022).

Menurut Muhajirin, sarana dan prasarana serta fasilitas penyelenggaraan ibadah haji di Kalimantan Barat sangat terbatas. Oleh karena itu, kondisi ini patut didiskusikan sebagai evaluasi pada masa yang akan datang agar dapat teridentifikasi setiap permasalahan yang ada.

“Saat ini Asrama Haji masih dalam proses pembangunan. Tahun depan, Asrama Haji akan selesai dengan jumlah 39 kamar. Oleh karena itu proses pengembangan Asrama Haji terus dilakukan, minimal tahun berikutnya sudah berstatus sebagai Asrama Haji Transit walaupun hanya Embarkasi Antara,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Muhajirin juga mengatakan bahwa kebijakan terkait pengurangan kuota serta pembatasan usia jemaah yang berlaku pada haji tahun ini memberikan hikmah tersendiri, dimana banyak pihak yang telah memberikan apresiasi termasuk dari para jemaah yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan.

“Tahun ini penyelenggaraan ibadah haji dinilai sangat baik dan mendapat apresiasi dari semua pihak. Hal ini bisa jadi karena dari sisi jumlah tidak sebanyak sebelumnya dan dari aspek usia dibatasi maksimal 65 tahun,” ujar Muhajirin.

Lebih lanjut Muhajirin menuturkan bahwa kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji bukan hanya menjadi ranah Kementerian Agama, melainkan diraih dari kontribusi banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

“Namun apapun itu, kita bersyukur bahwa penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. Pastilah ada kurang dan lebihnya, oleh karena itulah kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji ini menjadi penting,” imbuhnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Kalbar ini akan dihadiri oleh Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat sebagai narasumber.

Penulis
Irwanto/Humas Kemenag Kalbar
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca