Lompat ke isi utama
x

Haji Batal, Plt Dirjen PHU : Perdalam Ilmu Manasik

ook

Demak (PHU)—Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Khoirizi meminta jemaah haji yang batal berangkat untuk menunaikan hajinya ke Tanah Suci agar dapat mengambil hikmah positifnya.

Ia mengajak jemaah haji untuk memperdalam ilmu manasik hajinya agar menjadi jemaah haji yang mandiri. “Hikmah positif dari pembatalan keberangkatan haji adalah jemaah dapat memperkuat pengetahuan tentang manasik haji,” kata Khoirizi saat Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji di Demak. Jumat (20/08/2021).

Ia menjelaskan, sebelum mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji, pemerintah telah melakukan upaya mitigasi Penyelenggaraan Ibadah Haji pada Masa pandemi yang berfokus pada vaksinasi dan juga penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat serta dibarengi dengan upaya diplomasi yang cukup intensif dengan pemerintah Arab Saudi. Namun keputusan dari Arab Saudi selaku negara Penyelenggara haji tetap harus kita hargai dan terima mengingat pandemi ini menjadi permasalahan yang sangat serius bagi seluruh negara di dunia.

Beberapa upaya telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi problematika pandemi dan Penyelenggaraan Ibadah Haji yang notabennya merupakan tugas dari dua negara yaitu negara pengirim jemaah haji dan juga Arab Saudi.

"Kami Hadir untuk meluruskan informasi terkait pembatalan keberangkatan haji,” jelas Khorizi.

Urusan keberangkatan haji, kata dia, sudah menjadi urusan pemerintah. Pembatalan haji menjadi keputusan yang sangat tepat demi keselamatan jiwa jemaah haji.

"Secara ekonomi, sosial, dan politik negara rugi dalam pembatalan keberangkatan haji ini. Namun semua ini tidak lebih penting daripada Keselamatan masyarakat,” terangnya.

Mitigasi Penyelenggaraan haji telah dilaksanakan sejak Desember 2020 dengan waktu persiapan yang pemerintah miliki hanya 30 hari, disamping Itu pula Arab Saudi Masih belum memberikan keputusan. Hal inilah yang mendasari pemerintah mengambil sikap untuk pembatalan keberangkatan haji tahun 1442H/2021M bagi jemaah haji Indonesia.

Penulis
Amnia Salma
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca