Lompat ke isi utama
x

Berikan Respon Pembatalan Haji, Kemenag Apresiasi Pegiat Haji Kaltara

saifi

Bulungan (PHU)—Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara mengapresiasi para pegiat haji di Kalimantan Utara (Kaltara) karena sudah memberikan respon mendukung kebijakan pemerintah terkait pembatalan keberangkatan Jemaah haji Indonesia tahun 1442H/2021M karena pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan terima kasih pada teman-teman khususnya di Kalimantan Utara apakah itu juga tokoh-tokoh para penggiat haji memberikan respon pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun ini,” kata Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Saifi saat webinar Komunikasi, Informasi dan Edukasi Perhajian se Kalimantan Utara. Selasa (04/08/2021).

Saifi menyebut, banyak tokoh-tokoh khususnya di Kaltara yang mendukung kebijakan pemerintah ini, selain tokoh, ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada para stakeholders perhajian seperti, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), PPIU, PIHK, Pemda serta instansi terkait.

“Partisipasi semua pihak calon jemaah haji Kalimantan Utara yang tidak berangkat haji tahun ini responnya semuanya bisa mengerti akan peristiwa yang sedang kita hadapi jadi keputusan yang diambil pemerintah sudah sangat tepat bisa memahami tentu ini adalah berkat kerjasama yang baik,” terangnya.

“Sekali lagi terima kasih atas semua pihak yang sudah membantu dengan demikian doa kita terus kita panjatkan kepada Allah semoga pada tahun berikutnya cita-cita yang mulia ini bisa terwujud untuk melaksanakan ibadah haji pada Tahun 2022,” sambungnya.

Animo masyarakat di 4 Kabupaten dan 1 Kota untuk berhaji sangat tinggi, ini dibuktikan daftar tunggu estimasi keberangkatan haji di Kaltara mencapai 35 Tahun.

Kabupaten dan Kota tersebut antara lain Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tanah Tidung dan Kota Tarakan.

Kabupaten Bulungan pendaftar hajinya sudah mencapai 1.911 orang dengan kuota pertahunnya 484 orang tunggunya serta masa tunggu 25 tahun, Kota Tarakan pendaftar hajinya sudah berjumlah 4.397 orang, kuotanya pertahunnya 151 orang dengan masa tunggu 32 tahun. Kabupaten Nunukan pendaftarnya sekarang berjumlah 3.649 orang, kuota pertahunnya 113 orang sementara masa tunggunya 35 tahun.

Kemudian Kabupaten Malinau Pendaftar hajinya mencapai 648 orang, dengan kuota pertahunnya 50 orang., dengan masa tunggu sekarang 15 tahun, kemudian Kabupaten Tanah Tidung pendaftarnya ada 317 orang, dengan kuota pertahun 15 orang  dan masa tunggunya 24 tahun.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca