Lompat ke isi utama
x

Calon Jemaah Haji Cadangan Lampung Utara Melakukan Pelunasan BIPIH

Kemenag Lampung Utara

Lampung (PHU) -- Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Lampura)  Totong Sunardi mengatakan bahwa  jemaah haji cadangan Lampura sebanyak 57 orang akan melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) pada tahap kedua yaitu pada tanggal 12 Mei sampai dengan 20 Mei 2020.

Hal tersebut Ia sampaikan pada acara Sosialisasi Pelunasan Tahap II bagi Jemaah Haji Cadangan Lampura Tahun 1441 H/2020 M, Jumat (15/5) di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Kankemenag Lampung Utara. 

Totong menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pelunasan haji tahap kedua ini, seluruh jemaah haji cadangan Lampura harus memperhatikan tata cara dan prosedurnya. Prosedur dan Tata Cara jemaah haji yang masuk dalam kategori cadangan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut mengumpulkan Bukti Setor Awal, Membuat Surat Pernyaratan, Fotocopy KTP, Fotocopy KK, Buku Rekening Bank dan Persyaratan lainnya. 

Adapun mekanisme pelunasan bipih tahap kedua bagi jemaah haji cadangan sebagai berikut Jemaah haji yang masuk kategori cadangan melapor ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota domisili, kemudian jemaah haji tersebut membuat dan menandatangani surat pernyataan bermaterai sebelum melakukan pelunasan Bipih di Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih. Surat pernyataan ini sebagai dasar pelunasan bagi jemaah haji yang berstatus cadangan.

Langkah selanjutnya adalah Petugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melaporkan Jemaah haji yang telah menandatangani surat pernyataan kepada petugas Kantor Wilayah Wilayah Kementerian Agama khususnya Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Lalu Petugas Kanwil Kemenag Provinsi Lampung akan melakukan verifikasi data dan konfirmasi untuk dapat melakukan pelunasan melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Lampung.

Setelah dilakukan verifikasi data dan konfirmasi oleh Kanwil maka jemaah haji cadangan baru bisa melakukan pelunasan sesuai dengan BPS Bipih tempat medaftar dengan menunjukkan bukti pembayaran setoran awal Bipih.

Totong menambahkan bahwa sistem pembayaran pelunasan bipih tahap kedua bagi jemaah haji cadangan sama seperti dengan jemaah haji reguler biasa yaiu menggunakan sistem non teller.

Sistem non teller ini bisa dilakukan dengan cara ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking BPS Bipih yang memiliki fasilitas pelunasan haji tersebut. Dan pelaksanaan pelunasan bipih ini dibuka pada hari dan jam kerja yaitu Senin sampai dengan Jum'at pada Pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Totong mengajak kepada seluruh jemaah haji cadangan Lampung Utara yang telah hadir dalam acara sosialisasi ini untuk segera melakukan pelunasan biaya bipih sampai dengan tanggal 20 Mei 2020 dan bagi jemaah haji cadangan yang memiliki kerabat, tetangga, dan teman yang sama-sama masuk dalam kategori cadangan, untuk juga menginformasikan kepada mereka tentang tata cara dan prosedur pelunasan biaya haji bagi jemaah haji cadangan.

Kabid PHU Kanwil Lampung Ansori

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Ansori mengatakan berkenaan dengan pelaksanaan kuota jemaah haji cadangan yang akan melaksanakan pelunasan tahap kedua ini, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung telah mengirimkan surat kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung untuk menginformasikan jemaah haji yang masuk dalam kategori cadangan  segera melakukan pelunasan bipih.

"Saya mengajak kepada seluruh jemaah haji cadangan maupun reguler untuk segera melunasi biaya bipih Tahun 1441 H/2020 M meskipun belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi sehingga pada saat pemberangkatan nantinya tidak menemui hambatan", ujarnya. 

Penulis
Anggithya Putri Senjaya
Editor
Boy Azhar