Lompat ke isi utama
x

JAMARAH, Jagong Masalah Umrah Dan Haji Kemenag Kabupaten Padang Lawas

19

Padang Lawas (PHU) - DPR RI bekerja sama dengan Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan Jagong Masalah Umrah dan Haji (JAMARAH). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Marwah, Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, diikuti oleh Tokoh Masyarakat dan Calon Jamaah Haji yang tertunda keberangkatannya, Sabtu (19/11).

Jamarah ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan, DPR RI Komisi VIII H. Iskan Qolba Lubis, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI H. Saiful M.A. Kepala Bidang Penyelenggarakan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut, H. Zulfan Efendi, Kasubbag TU KanKemenag Padang Lawas, Ahmad Saidi Hasibuan, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Padang Lawas H. Abaror, serta Tokoh masyarakat/akademisi.

Disampaikan, Anggota Komisi VIII DPR RI, H. Iskan Qolba, bahwa permasalahan haji dan umroh sudah disikapi dengan pembahasan nasional, dari rapat-rapat komisi 8 sampai pada penetapan kesimpulan yang sangat alot, tujuannya agar masyarakat bisa terlayani dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, H. Zulfan Efendi, selaku Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut mengatakan bahwa “pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat. pemerintah akan melakukan inovasi dalam berbagai tahapan penyelenggaraan ibadah haji, mulai dari sistem pendaftaran, pelaksanaannya, sampai proses pemberangkatan ke tanah suci serta proses kembali ke tanah air”.

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat jangan sampai menerima informasi yang tidak akurat dari medsos yang justru menyimpang (hoax), khususnya berkaitan dengan permasalahan haji dan umroh. Untuk itu perlu diatasi dengan adanya forum komunikasi, forum kajian sehingga informasi yang diterima masyarakat menjadi valid, dan tidak muncul fitnah.

Sebelum menyampaikan materinya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padaang Lawas H. Abdul Manan, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa “kegiatan ini juga menjadi sarana untuk berdiskusi dalam mencari solusi terhadap masalah yang ada. Jamarah ini merupakan bagian dari program nasional. Tujuannya mengajak pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah untuk bersama-sama meningkatkan sistem pelayanan ibadah haji dan umrah,” katanya.

“Semoga kegiatan ini diberkahi oleh Allah SWT, dan mudah-mudahan dapat memberikan motivasi serta dukungan sebagai upaya untuk meningkatan kualitas pelayanan, pembinaan dan perlindungan, baik perjalanan haji maupun penyelenggaran ibadah umrah,”. Punkas H. Abdul Manan.

Kegiatan berjalan dengan baik hingga selesai. Acara ditutup dengan foto melakukan bersama.

Penulis
Inmas Sumatera Utara
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca