Lompat ke isi utama
x

Kanwil Kemenag Aceh Tinjau Bakal Lahan Hibah untuk Asrama Haji

kw aceh

Banda Aceh (PHU)---Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Iqbal didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arijal, Kabag TU Amiruddin dan jajarannya, meninjau lokasi persiapan lahan untuk Asrama Haji Aceh, Rabu (5/8/2020). 

Peninjauan yang digelar bersama Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Kepala UPT Asrama Haji Aceh Ali Amran itu, berlangsung di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kakanwil Kemenag Aceh mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian yang luar biasa Pemerintah Aceh terhadap pembangunan asrama haji demi kepentingan umat, dan pemerintah Aceh langsung merespon untuk pembebasan lahan.

Nova saat meninjau persiapan lahan yang akan dihibahkan untuk pengembangan dan pembangunan asrama haji mengatakan dukungannya atas perluasan UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh. Nanti  manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat Aceh dan mengupayakan lahan hibah yang ditinjau tersebut.

“Kita menginginkan pelayanan terhadap jamaah haji Aceh, dengan kuota lebih dari 4.000 jemaah lebih pertahun, dapat maksimal dan terlayani dengan sebaik mungkin, kita berikan pelayanan prima sejak pemberangkatan hingga pemulangan. Saat ini asrama haji juga memberi manfaat lain dengan menampung pasien Covid-19,” kata Nova didampingi Karo Keistimewaan Aceh (Isra) Setda Aceh, Zahrol Fajri.

Didampingi Kakanwil dan Kabid PHU, Plt Gubernur mengharapkan ke depan Asrama Haji Aceh mampu menampung kapasitas jamaah haji lebih banyak lagi, ia juga memberikan saran terkait desain asrama haji. “Kita pastikan memiliki nilai estetika dan modern,” ajaknya yang juga dihadiri anggota legislatif Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur dan Kakanwil dan Kabid PHU Kemenag Aceh juga melihat desain roadmap rencana pembangunan asrama haji di lokasi peninjauan lahan.

Lokasi Asrama Haji Aceh sekarang berada di kawasan kota, Jalan T Nyak Arief Gampong Prada dan Gampong Kota Baru Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. 

Sementara persiapan lahan hibah yang bakal dibangun asrama unit dua itu, sekitar 15 km dari pusat kota, tapi berdekatan dengan gerbang jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar.

Penulis
Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro