Lompat ke isi utama
x

Kemenag Bolmong Usulkan Pembangunan Gedung PLHUT

Kakanwil Provinsi Sulawesi Utara meninjau persiapan Pengajuan PLHUT

Bolmong (PHU) --- Kepala Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Muhtar G Bonde mengatakan bahwa kami saat ini sudah menyiapkan lahan disamping kantor yang akan direncanakan untuk pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). 

Gedung PLHUT bagi kami amat sangat penting, tambah Muhtar, hal ini karena letak strategis Kabupaten Bolaang Mongondow ini sangat luas dan merupakan daerah pemekaran. 

Muhtar mengatakan bahwa pada saat Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Abd Rasyid menyampaikan supaya untuk diupayakan bagaimana Kabupaten Bolaang Mongondow  untuk dibangun PLHUT dengan melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, hal tersebut karena di Sulawesi Utara tidak semua wilayah bisa dibangun PLHUT. 

Hal tersebut ujar Muhtar karena pertama, jumlah jamaah yang ada, kedua kesiapan lahan yang strategi dan letaknya berdampingan dengan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota. Kankemenag Kabupaten Bolaang Mongondow mempunyai lokasi yang sangat luas untuk dibangun beberapa Gedung dan sudah kami ukur. 

Saat ini kami sudah menginput proposal kami dan sudah kami serahkan, dan adanya permintaan untuk kami melengkapi dan melakukan perbaikkan berkas, ucap Muktar, disamping itu kami juga melengkapi kekurangan yaitu dengan menyiapkan RTRW, saat ini RTRW sudah di tanda tangani Sekretaris Daerah, sementara rekomendasi perencanaan dari Dinas Tata Ruang masih berada di Dinas, semoga satu minggu ini semua berkas kekurangan dapat kami lengkapi. 

“Setelah saya dilantik menjadi Kepala Kemenag, saya mencetuskan melaksanakan manasik sepanjang tahun, jadi jamaah yang akan berangkat 3 tahun kedepan kita sudah melaksanakan manasik dan alhamdulillah mendapat respon yang sangat baik sekali dari calon jemaah haji,” ucap Muhtar.

“Kita sangat membutuhkan Gedung PLHUT, karena akan sangat banyak manfaatnya, karena di Bolaang Mongondow sudah menerapkan manasik sepanjang tahun. Kabupaten Bolaang Mongondow tidak ada KBIH, manasik haji bagi jemaah menjadi tanggung jawab Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujarnya.

Kepala Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Muhtar G Bonde mengatakan bahwa kami sudah menghadap ke Bupati dan mohon dukungannya dalam rangka pembangunan PLHUT, jika direstui Dirjen PHU. 

Sementara ini, ucap Muhtar, kami saat ini berjuang bagaimana bisa mendapatkan PLHUT di Kabupaten Bolaang Mongondow, Bupati mengatakan kalau ada yang dibutuhkan seperti tanah kita akan bantu.

Mengetahui  rencana Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow mengajukan pembangunan PLHUT Bupati sangat antusias, tambahnya.

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar