Lompat ke isi utama
x

Kemenag Siapkan Inovasi Baru Penyelenggaraan Haji 1443 H/ 2022M

Bjkk

Palembang (PHU)-Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama terus melakukan inovasi dalam peyelenggaraan haji tahun 1443 H/ 2022M.

Sejumlah inovasi yang dilakukan diantaranya penempatan jemaah haji Makkah dengan system zonasi berdasarkan asal embarkasi.

Hal ini disampaikan Dirjen PHU Hilman Latief yang diwakili Sekretaris Ditjen PHU Ahmad Abdullah saat memberikan sambutan pada Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang Tahun 1443H/2022M di Asrama Haji Tabing Padang.  

"Dua tahun tidak menyelenggarakan ibadah haji karena pandemi Covid 19, tidak membuat Ditjen PHU Kemenag berdiam diri. Kondisi ini kami manfaatkan untuk terus melakukan berbagai inovasi guna memberikan pelayanan prima kepada Jemaah haji dan umrah," kata Abdullah, Kamis (19/5/2022). 

“Perlu kami sampaikan, masa pandemi tidak membuat kami diam ditempat namun kami terus berupaya mencari solusi serta merumuskan berbagai kemungkinan jika haji dilaksanakan dengan tujuan utama memberikan layanan prima kepada Jemaah. Bukti konkrit yang dapat kami sampaikan yaitu beberapa inovasi pada haji tahun 2022 ini, pertama penempatan jemaah haji Makkah dengan system zonasi berdasarkan asal embarkasi,” sambung Abdullah.

Kedua lanjut Abdullah yakni sistem fastrack atau jalur cepat imigrasi yang memudahkan jemaah haji dalam proses pengecekan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor, karena prosesnya sudah dilaksanakan di bandara asal. 

“Fastrack akan dilaksanakan di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi. Kedepan kita berharap Embarkasi Palembang juga bisa merasakan hal yang sama bahkan semua Embarkasi,” harap Abdullah.

Inovasi selanjutnya terang Abdullah jika tahun sebelumnya Jemaah haji hanya mendapat 2 kali makan, pada tahun ini jemaah haji akan mendapatkan 3 kali makan saat pemondokan di Makkah.

Sementara itu Kepala Bidang PHU Provinsi Sumsel Armet Dachil menambahkan jemaah haji reguler asal Sumatera Selatan yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun ini berjumlah 3.723 orang. 

Dudusuddu

Armet Dachil merinci untuk PPIH Kloter berjumlah 16 orang terdiri dari TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) 7 orang dan TPIHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia) 8 orang. Kemudian petugas kesehatan 16 orang, pembimbing KBIH  2 orang dan Petugas Haji Daerah 16 orang.

Armet mengatakan mengucap syukur akhirnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan segera dilakukan 

“Alhamdulillah akhirnya ada kepastian untuk haji tahun 2022 ini dan di Embarkasi Palembang sebanyak 3.723 orang  termasuk petugas kloter yang tergabung dalam 9 kloter. InsyaAllah akan diberangkatkan,” ujar Armet.

Armet menghimbau kepada jemaah haji yang akan berangkat untuk lebih mempersiapkan diri pasalnya musim haji tahun ini adalah masa peralihan dari pandemi ke masa normal. 

"Jemaah kami minta untuk tidak lengah karena Pemerintah Arab Saudi sangat ketat dengan aturan yang mereka berikan. Jika ada yang kurang jelas jemaah bisa bertanya ke Kantor Kementerian Agama terdekat,” tandasnya. 

Penulis
Ranita Erlanti Harahap
Editor
Benny A

Jumlah Pembaca