Lompat ke isi utama
x

Masyarakat Gorontalo Apresiasi Layanan di PLHUT

gto

Gorontalo (PHU)---Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah sejak tahun 2018 membangun Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu. Program yang pembiayaannya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini kini menjadi primadona dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Sebagaimana di Kota Gorontalo yang menerima program tersebut pada tahun 2020. Sejak diresmikan beberapa waktu yang lalu, PLHUT Kota Gorontalo telah memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, Misnawati S Nuna, pada Sabtu (20/03/2021). “Alhamdulillah, masyarakat Kota Gorontalo sangat antusias dan puas dengan pelayanan yang kami berikan di PLHUT,” kata Misnawati yang biasa dipanggilan Nina.

Nina juga menuturkan, selain masyarakat merasa puas dengan pelayanan PLHUT, para pegawai pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga merasakan lebih nyaman dalam bekerja. “Sejak Seksi PHU pindah ke ruangan kerja baru di PLHUT, mereka lebih bersemangat dalam bekerja melayani jemaah,” tegasnya.

Pernyataan Nina juga mendapatkan tanggapan serupa dari pegawai Seksi PHU, Nurhayati. Dia merasa lebih percaya diri dalam memberikan pelayanan haji dan umrah kepada masyarakat. “Sejak di PLHUT tentu kami merasa lebih nyaman karena ruangan sangat representatif. Para jemaah yang kami layani juga merasa puas,” tuturnya. 

Sementara dalam waktu yang sama juga hadir M Noer Alya Fitra, Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus di PLHUT Gorontalo. Pria yang akrab dipangggil Nafit ini sebelumnya merupakan Kepala Subdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler yang sekaligu inisoator pengusulan pembangunan PLHUT. Dia menyatakan PLHUT di Gorontalo sangat baik kualitasnya. 

“Setelah melihat langsung  seluruh ruangan dan fasilitas PLHUT Gorontalo, saya mengapresiasi jajaran Kemenag Kota Gorontalo karena kualitas bangunan sangat baik dan layanan pendukungnya juga menarik,” ujar Nafit saat ditemui Misnawati di ruang tamu PLHUT. 

PLHUT Gorontalo memang menyajikan landscap yang cukup menarik. Meskipun bangunan induknya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Direktur Jenderal PHU, halaman PLHUT didesign cukup baik. Selain dilengkapi dengan taman bunga, kolam ikan, air terjun mini,  juga terdapat tiga set tenda kerucut bernuansa Arab. Tiap tenda juga terdapat meja dan kursi yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Gedung yang dibiayai dari anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini mempunyai total keseluruhan nilai dengan kontrak pekerjaan (perencanaan, fisik, pengawasan dan pengelolaan kegiatan) senilai 1.781.095.200. Nilai Pembangunan Fisik 1.526.154.000 yang dibangun mulai  tanggal 12 mei 2020 selesai 07 november 2020. Diresmikan pada hari Jumat 19 maret 2020, oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Dr. H. NIZAR, M.Ag.

Penulis
Abdul Basir
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca