Lompat ke isi utama
x

Masyarakat Respon Positif Kemudahan Daftar Haji di Kankemenag Kota Yogyakarta

Diy2

Yogyakarta (PHU)—Inovasi kemudahan pendaftaran haji di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta sudah dilakukan sejak 2018. Hal ini diwujudkan dengan integrasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kankemenag Kota Yogyakarta dengan Bank Penerima Setoran (BPS).

Namun tak jarang masih banyak warga Yogyakarta yang belum mengetahui kemudahan semacam ini. Salah satunya adalah Imelda Kusumawati, warga Kotagede, yang mendaftarkan haji kedua anaknya.

“Alhamdulillah responnya sangat bagus, pertama masuk langsung disambut ramah oleh petugas. Lalu kami mengisi buku tamu secara online, dan dilayani dengan bagus sekali,” ujar Imelda, Senin (10/08).

Diy

“Bahkan saya baru tahu kalau di sini bisa mendaftar haji sekaligus membayar setoran awal, pokoknya pelayanannya sangat bagus untuk Kankemenag Kota Yogyakarta,” tutur Imelda seraya menambahkan ia akan mengabarkan kemudahan ini kepada orang-orang terdekatnya.

Dihubungi terpisah, Kakankemenag Kota Yogyakarta Nur Abadi, menjelaskan bahwa kemudahan pendaftaran haji memang menjadi salah satu fasilitas andalan kantornya.

“Tak bosan kami beritahukan kepada masyarakat yang akan mendaftar haji tidak perlu bolak-balik ke bank, cukup datang ke kantor kami urusan pendaftaran haji langsung selesai,” jelas Nur Abadi, Selasa (11/08) di kantornya di Jalan Ki Mangun Sarkoro 43 A Yogyakarta.

“Kankemenag Kota Yogyakarta merupakan pionir dalam integrasi pendaftaran haji, hal itu diperkuat KemenPAN RB yang meminta Kankemenag lainnya untuk mereplikasi inovasi ini,” imbuhnya lagi. 

Penulis
Bramma Aji Putra
Editor
Husni Anggoro