Lompat ke isi utama
x

PLHUT Gorontalo Siap Dukung Manasik Haji Sepanjang Tahun 

gto

Gorontalo (PHU)---Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Gorontalo telah diresmikan beberapa waktu lalu. Seperti PLHUT lainnya, PLHUT Gorontalo digunakan untuk pelayanan haji dan umrah berupa pendaftaran haji, pembatalan pendaftaran, permohonan rekomendasi paspor untuk ibdah umrah, dan konsultasi bimbingan ibadah haji dan umrah (manasik).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo, Misnawati S Nuna menyatakan bahwa PLHUT Kota Gorontalo siap digunakan mendukung program-program Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. 

“Tentu dengan adanya PLHUT ini kami akan lebih total dalam memberikan dukungan program Direktorat Jenderal PHU di daerah,” tutur Nina saat ditemui di Gorontalo, Jumat (19/03/2021).

Terkait dengan program “Manasik Haji Sepanjang Tahun” yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal PHU, Nina akan segera berkoordinasi dengan para pihak terkait dan akan menggunakan PLHUT secara maksimal untuk layanan manasik haji. 

“Kemenag kan memang memiliki kewajiban memberikan bimbingan kepada jemaah haji sejak sebelum berangkat haji, saat dalam perjalanan, dan saat beribadah hajidi Arab Saudi. Oleh karena itu kami akan benar-benar memaksimalkan pemanfaatan PLHUT untuk program manasik haji sepanjang tahun,” tegas Nina. 

gto

Gedung PLHUT memang didesign dengan dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk ruang pelayanan yang terdiri dari pendaftaran haji, ruang dokumen haji, konter bank untuk setoran biaya haji, dan ruang tunggu. Sedangkan lantai dua merupakan aula yang mampu menampung ratusan jemaah, dan ruang konsultasi atau bimbingan ibadah.

“Aula di lantai atas dapat digunakan untuk bimbingan manasik. Ada juga ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk konsultasi ibadah bagi jemaah yang membutuhkan,” ujar Nina yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

Nina juga menyebutkan bahwa pemanfaatan aula di PLHUT bukan hanya untuk manasik haji tapi dapat pula digunakan untuk manasik umrah. “Masyarakat yang membutuhkan manasik umrah juga dapat menggunakan aula PLHUT melalui PPIU,” tuturnya.

PLHUT Gorontalo dibangun pada tahun 2020 melalui biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pembangunan PLHUT di berbagai wilayah Indonesia sejak tahun 2018 bertujuan untuk meningkatkan pelayanan keagamaan di bidang haji dan umrah.

Penulis
Abdul Basir
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca