Lompat ke isi utama
x

PLHUT Tulang Bawang Barat Berikan Pelayanan One Stop Service

Kabid PHU Kanwil Lampung Ansori Tinjau Pembangunan PLHUT Kemenag Kabupaten Tulang Bawang

Lampung (PHU) --- Pelayanan kepada jemaah haji di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar) akan meningkat, hal ini ditandai dengan dibangunya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah ini merupakan satu-satu pembangunan gedung pada tahun 2020 dan merupakan pembangunan kedua bagi Provinsi Lampung yang sebelumnya telah dibangun PLHUT pada Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung di Tahun 2019.

Menurutnya, Pembangunan gedung PLHUT sampai dengan tanggal 16 Juli 2020 telah memasuki minggu ke-19 dari 22 minggu yang telah ditetapkan dengan progress pembangunan sudah mencapai kurang lebih 87,37%.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung M. Ansori usai memantau, monitoring dan melakukan peninjauan progress pembangunan Pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar), Jumat (17/07).

Kabid PHU Kanwil Lampung Ansori Tinjau PLHUT Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat

Ansori menambahkan bahwa diketahui bersama bahwa ruangan haji di semua daerah sangat tidak memadai dan melihat keprihatinan sarana prasarana pelayanan haji dan umrah. Pembangunan PLHUT setiap daerah, khususnya di Tubabar ini karena banyaknya layanan haji, biometrik, BPS dan lainnya yang terkait dengan haji dan umrah yang dituntut memberikan pelayanan maksimal dengan segala keterbatasan fasilitas. Sementara layanan ini merupakan layanan dasar yang sangat didambakan oleh banyak orang dalam pelayanan haji dan umrah.

"PLHUT di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini hadir untuk memberikan layanan satu pintu (one stop service) jadi calon jemaah haji yang begitu masuk ke Seksi PHU ini dalam sehari sudah bisa memiliki nomor porsi haji karena didalamnya semua layanan terkait dengan haji dan umrah sudah disiapkan dalam satu atap dalam gedung ini," ujarnya.

"Mengingat jarak tempuh keberadaan Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang sangat jauh dari kediaman masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga dengan adanya pembangunan PLHUT dapat terlayani dengan baik meskipun jumlah jemaah haji Kabupaten Tulang Bawang Barat masih sangat sedikit dan minat masyarakat untuk berangkat haji dan umrah masih minim (kurang)," ucap Ansori.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung M. Ansori mengatakan bahwa bangunan PLHUT ini adalah bangunan khusus yang mempunyai fungsi tertentu. Oleh karena itu, bangunan ini memiliki standar tersendiri dalam pembangunannya sehingga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pergunakan bahan baku yang sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah ditentukan dan pastikan penggunaan anggaran sesuai dengan juknis dan peraturan yang berlaku. 

"Monitoring dan pemantauan akan terus dilakukan oleh pihak Kanwil Kemenag Provinsi Lampung untuk memastikan agar pembangunan PLHUT ini bisa selesai tepat waktu," tambahnya.

Ansori menyarankan dalam pembangunan PLHUT Kabupaten Tulang Bawang Barat agar membuat jalan khusus untuk masyarakat yang disabilitas sehingga mereka merasa nyaman dan aman dalam berkunjung dan datang ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang untuk berkonsultasi dan mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji dan umrah.

 Kasi PHU Kabupaten Tulang Bawang Barat

Kasi PHU Kemenag Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar) Nuning Herwiyati mengatakan bahwa  Pembangunan PLHUT dibangun pada pada tanggal 12 Maret 2020 dan akan berakhir pada tanggal 08 Agustus 2020. Pembangunan ini akan memakan waktu selama 150 hari kalender.

Gedung PLHUT Tulang Bawang Barat ini dibangun dengan luas 400 meter persegi yang terdiri dari dua lantai, masing-masing lantai berukuran lebar 10 meter persegi dan panjang 20 meter. Lantai pertama rencananya akan dipergunakan untuk ruang Kepala Seksi (Kasi), Pendaftaran Haji dan Umrah, Ruang Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), Ruang Konsultasi, dan Ruang Arsip dan Dokumen Haji dan Umrah Sedangkan Lantai Dua rencananya akan dipergunakan untuk Aula sebagai tempat pertemuan.

Penulis
Anggithya Putri Senjaya
Editor
Boy Azhar