Lompat ke isi utama
x

Sasar Siswa Madrasah, Kemenag Padang Panjang Luncurkan Program Haji Muda

PP

Padang Panjang (PHU)—Masa tunggu yang kini mencapai rata-rata 21 tahun maka dipastikan usia calon jemaah berada di kisaran 60 tahun saat melaksanakan ritual haji maka mendaftar haji di usia muda adalah sebuah solusi untuk para generasi milenial dapat melaksanakan ibadah haji dengan kondisi yang prima.

Hal itu ditunjukkan Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sumatera Barat dengan penandatanganan bersama (MoU) Program MADINA (Program Haji Dini dan Haji Muda) dengan beberapa Madrasah Negeri di Kota Padang Panjang seperti MAN 1 Padang Panjang, MAN 2 Padang Panjang, MAN 3 Padang Panjang seta MTsN Kota Padang Panjang.  Program ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih). 

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kakankemenag Kota Padang Panjang yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bustami didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Endang Sriyani bersama Kasi Pontren Editiawarman dan Penyelenggara Zakat Wakaf Basri.

Sementara dari Madrasah Negeri hadir Kepala MAN 1 Padang Panjang Julpiadi Hutabarat, Kepala MAN 2 Padang Panjang Agustamam, Kepala MAN 3 Padang Panjang diwakili Wakasis Yubhar, Kepala MTsN Kota Padang Panjang diwakili Wakil Kepala Madrasah Ahmad Darmawan serta perwakilan dari BPS Bipih.

pp

Kasubbag TU Kemenag Kota Padang Panjang Bustami mengapresiasi Inovasi Program MADINA ini, karena program ini mengajak siswa madrasah Untuk Menabung/Mendaftar Haji sejak muda karena lamanya antrian untuk berangkat Haji.

“Diharapkan siswa-siswi madrasah menjadi pelopor dan penggerak dan memberikan motivasi agar mulai menabung haji sejak dini," ujarnya.

Kepala Seksi PHU Endang Sriyani berharap kepada Madrasah Negeri khususnya di Kota Padang Panjang dan BPS Bipih serta semua yang mengetahui informasi ini, agar ikut serta melakukan sosialisasi tentang Program MADINA ini.

“Saya berharap, madrasah dan BPS Bipih turut serta dalam mensosialisasikan program inovasi ini,” ujar Endang.

Kepala MAN 1 Padang Panjang Julpiadi Hutabarat menyambut baik kegiatan ini dan siap bersama-sama mendukung dan meneruskan Informasi Penting ini kemasyarakat. "Kami sangat senang dan menyambut baik program ini, dan siap melakukan sosialisasi kepada siswa di Madrasah," ujar Julpiadi.

Sementara itu Pihak BPS Bipih siap mendukung dan memberikan fasilitasi kepada Kemenag yang telah mengangkat inovasi Program MADINA untuk memberikan solusi kepada umat yang ingin menunaikan ibadah haji.

"Kami BPS Bipih siap mendukung program ini demi mudahnya masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji," ujar perwakilan BPS Bipih.

"Semoga Inovasi Program MADINA ini cepat tersosialisasi ditengah-tengah masyarakat," tambahnya. 

 

 

Penulis
Supriadi
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca