Lompat ke isi utama
x

Siapkan Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji, PHU Pematang Siantar Koordinasi Bersama Dinkes

hfdhg

Pematang Siantar (PHU) --- Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kota Pematang Siantar, Luhut, menerima kunjungan dari tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pematang Siantar dalam rangka koordinasi terkait kesehatan jemaah haji pada Rabu (7/12/2022).

Koordinasi yang berlangsung di Ruang Kasi PHU tersebut bertujuan untuk menyampaikan pentingnya diadakan pemeriksaan kesehatan untuk setiap jemaah yang akan berangkat haji, sehingga perlu adanya kerja sama dalam persiapan pemeriksaan kesehatan bagi para jemaah haji.

Pada kesempatan yang sama juga dibicarakan terkait penyelenggaraan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi jemaah. Menurut Luhut, untuk agenda tersebut perlu ditetapkan waktu dan tempat pelaksanaannya.

"Saya menyambut baik langkah koordinasi dari Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar terkait sosialisasi kesehatan bagi jemaah haji ini," kata Luhut.

"Sosialisasi kesehatan bagi jemaah haji sangatlah penting dalam rangka pemberian pembinaan kesehatan bagi jemaah haji Kota Pematang Siantar. Hal ini tentunya untuk mewujudkan kesehatan bagi jemaah haji nantinya," sambungnya.

Dikatakan Luhut, kegiatan sosialisasi kesehatan tentunya juga akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran jemaah haji terhadap pentingnya menjaga kesehatan fisik dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Sosialisasi kesehatan bagi jemaah haji tentunya juga akan menambah wawasan dan pengetahuan serta pemahaman bagi jemaah haji untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan kesehatan di Puskesmas yang telah ditentukan," pungkasnya.

Kegiatan ini diisi dengan sosialisasi dari Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar terkait Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 62 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Haji serta implementasi pengukuran kebugaran bagi jemaah haji.

Penulis
Humas Kemenag Pematang Siantar
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca