Lompat ke isi utama
x

Siskohat Mobile Memberikan Kemudahan dan Kenyamanan Layanan Haji

9 Inovasi Kankemenag Kabupaten Bangka Selatan

Bangka Selatan (PHU) --- Dalam rangka mewujudkan Reformasi Birokrasi dan pembentukan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bebas melayani di Lingkungan Satuan Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan Jamaludin mencetuskan sembilan (9) Inovasi yang telah dan akan diterapkan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan kesembilan inovasi ini merupakan buah pemikiran bersama antar pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Kankemenag Kabupaten Bangka Selatan

Jamaludin mengatakan bahwa Siskohat mobile itu adalah berawal dari keinginan kita memberikan kemudahan, kenyamanan layanan bagi masyarakat, khususnya di Bangka Selatan ini yang secara geografis, Bangka Selatan ini luas yang terdiri dari pesisir dan pulau - pulau.

“Sehingga kami berfikir, bagaimana masyarakat itu dapat melakukan pendaftaran haji, pendaftaran umrah dan lainnya tanpa harus repot-repot datang kekantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan yang berada di Kota Kabupaten yang berada lumayan jauh” ucap Jamaludin.

Kami berfikir, ujar Jamaludin bagaimana kita yang mendekat ke masyarakat dengan kita yang hadir ditengah masyarakat, sehingga kami memunculkan istilah siskohat mobile.

Di siskohat mobile itu paling tidak dapat melayani 5 pelayanan yang dapat dilakukan di Siskohat mobile, yaitu 1. Pelayanan Pendaftaran haji, 2. Pelayanan pembatalan haji atau pengambilan uang pembatalan haji, 3. Rekomendasi umrah, 4. Informasi haji, 5. Penjemputan jemaah haji khusus seperti yang disabilitas.

Jamaludin mengatakan bahwa Siskohat mobile itu berupa layanan yang berbentuk  satu unit mobil yang kita manfaatkan untuk operasional, mobil tersebut kita rehab menjadi mobil yang dapat memberikan pelayanan siskohat.

Adapun siskohat mobile merupakan kerjasama antara Kemenag Kabupaten Bangka Selatan yang bekerjasama dengan pihak pihak terkait seperti perbankan, dengan catatan sipil, dengan puskesmas, karena dalam pendaftaran haji terkait dengan pihak pihak tersebut. Alhamdulillah hal tersebut sudah kami praktekkan disebagian wilayah Bangka Selatan, insya Allah sebagian lagi akan kita praktekkan.

Mobil siskohat ini sudah kita buat jadwal - jadwal dimana kita akan turun ke Kecamatan, karena ini baru mulai saat ini kami baru memulai di kecamatan - kecamatan tertentu yang ada layanan disana, sehingga mobil tersebut diberangkatkan kedaerah untuk memberikan layanan.

“Mobil Siskohat mendatangi KUA kecamatan  dan jemaah haji bisa mendatangi KUA untuk mendapatkan pelayanan haji, kedepan kita berharap layanan haji ini bisa dilakukan di Kantor atau bisa diluar kantor,” ujar Jamaludin.

Kedepannya pelayanan haji bisa dilakukan didalam dan luar Kantor Kemenag, ucap Jamaludin, kalau dikantor dengan sistem yang sudah ada selama ini, dan diluar kantor dengan sistem mobil kita yang akan mendatangi jemaah haji di KUA.   

Jemaah haji Bangka Selatan untuk tahun 2020 ini menurut data yang sudah masuk dalam jadwal daftar itu berjumlah 119 orang, karena kita batal maka akan kita berangkatkan di 2021. Bangka Selatan ini terdiri dari 8 Kecamatan yang terdiri dari 6 kecamatan daratan dan 2 kecamatan kepulauan.

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar

Jumlah Pembaca