Lompat ke isi utama
x

Jelang 3 Hari Penutupan, Kemenag Optimis Pelunasan Biaya Haji Tahap 1 Capai 90 Persen

Diryandn

Jakarta (PHU)--Kementerian Agama optimis pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahap kesatu mencapai 90 persen mengingat batas akhir pelunasan tahap kesatu tersebut akan berakhir pada 30 April mendatang.

"Kita harapkan sampai dengan Penutupan tanggal 30 April bisa mencapai 90% karena setiap hari ini juga ada kenaikan signifikan," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis saat menjadi narasumber kegiatan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) melalui telekonferensi. Senin (27/04).

Setelah pelunasan tahap kesatu berakhir, ada jeda 10 atau 11 hari pihaknya akan melakukan evaluasi-evaluasi kekurangan pada pelaksanaan pelunasan pada tahap kesatu ini.

Sebelum masa pelunasan biaya haji tahap kesatu berakhir, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan melalui daring untuk melihat jemaah haji dari kabupaten/kota mana saja yang belum melunasi.

"Cari tahu kira-kira apa hambatannya dan kalau memang ternyata mereka tidak punya rekening dan punya uang tapi tidak bisa mendaftar hanya karena online. Apakah mereka sudah berkoordinasi dengan pihak bank?," terang Muhajirin.

Ia juga berpesan agar mekanisme pelunasan biaya haji mengikuti protokol pencegahan covid19. "Ikuti langkah-langkah yang harus kita ambil dalam rangka mengikuti protokol pencegahan covid19," pesannya.

Menurut data laporan pelunasan jemaah haji reguler per tanggal 24 April sebanyak 173.295 orang telah melakukan pelunasan atau 85.23 persen dengan rincian jemaah yang melunasi melalui teller bank sebanyak 145.413 orang, sedangkan jemaah haji yang telah melunasi melalui non teller sebanyak 27.882 orang.

"Sebanyak 30.052 orang yang belum melunasi biaya haji," kata Muhajirin.

Pelaksanaan pelunasan biaya haji reguler tahap kedua akan direncanakan berlangsung mulai tanggal 12 - 20 Mei 2020 mendatang.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
husni anggoro