Lompat ke isi utama
x

Jelang Haji 2022, Diryan DN Tinjau Kesiapan Asrama Haji Embarkasi Makassar

Dn

Makassar (PHU) --- Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri (Diryan DN) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Saiful Mujab meninjau langsung kesiapan Asrama Haji Embarkasi Makassar untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M pada Jum'at (20/05/2022). Hal ini dilakukannya sesaat setelah menghadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar di Aula Balai Diklat Keagamaan Makassar.

Didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Khaeroni dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Sulsel Ikbal Ismail, Mujab melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki Asrama Haji Embarkasi Makassar, seperti gedung, kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, aula pertemuan, hingga masjid.

Dn

"Dilihat dari sarana dan prasarana serta fasilitas yang dimiliki setiap kamar seperti tempat tidur dan kamar mandi, Asrama Haji Embarkasi sudah seperti hotel bintang 3 dan insya Allah siap menampung jemaah haji tahun ini yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar," ujar Mujab saat meninjau salah satu kamar tidur di Wisma Jabal Uhud, salah satu wisma di Asrama Haji Embarkasi Makassar yang akan digunakan dalam operasional haji tahun ini.

Selain itu, Mujab juga mengatakan bahwa dengan adanya keberadaan masjid di lingkungan Asrama Haji Embarkasi Makassar menambah lengkap deretan prasarana yang menunjang kegiatan jemaah haji. "Keberadaan masjid di area asrama haji sangatlah penting karena dapat dijadikan pusat kegiatan manasik bagi para jemaah haji," pungkasnya.

Diketahui bahwa untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Asrama Haji Embarkasi Makassar akan mengoperasionalkan seluruh gedung penginapan atau wisma yang dimiliki. Sebanyak 15 wisma, yang terdiri dari wisma besar dan wisma kecil, akan digunakan untuk menampung para jemaah haji sebelum diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. 

Adapun wisma besar yang akan digunakan berjumlah 5, antara lain:
1. Wisma Zamzam;
2. Wisma Shafa;
3. Wisma Raudhah;
4. Wisma Jabal Uhud; dan
5. Wisma Bir Ali.

Sedangkan wisma kecil berjumlah 10, yaitu:
1. Wisma 1;
2. Wisma 3;
3. Wisma 5;
4. Wisma 13A dan 13B;
5. Wisma 14;
6. Wisma 15; dan
7. Wisma 16A, 16B dan 16C.

Daya tampung untuk setiap kamar berbeda-beda tergantung dari jumlah tempat tidur yang disediakan di setiap kamarnya. Setelah dilakukan peninjauan, diketahui setiap kamar dapat menampung 3 sampai 7 orang.

Sebanyak 7.160 jemaah haji dari 8 provinsi akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Kedelapan provinsi tersebut antara lain Sulawesi Selatan (3.320 orang), Sulawesi Tenggara (922 orang), Sulawesi Barat (663 orang), Gorontalo (447 orang), Maluku (496 orang), Maluku Utara (491 orang), Papua (491 orang) dan Papua Barat (330 orang).

Penulis
Mustarini Bella Vitiara
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca