Lompat ke isi utama
x

Jemaah Haji 2021 Batal Berangkat, DPR Ingatkan Bahaya Hoax

dpr

Jakarta (PHU)—Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengingatkan masyarakat Indonesia akan bahaya hoax atau berita tidak benar. Pasca diputuskannya pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2021 ini, Ia berharap jemaah haji Indonesia bijak dalam menerima informasi terkait pemberangkatan haji. Misalnya, ada yang mengatakan haji tahun ini tidak jadi diberangkatkan karena ada utang k epada Saudi Arabia, itu hoax.

Diakuinya, saat ini banyak beredar berata-berita bohong tentang haji. “Itu ternyata berita bohong. Tidak benar sama sekali. Saya ulangi tidak benar kalau ada pihak yang mengatakan putusan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini karena ada utang pemondokan, katering, dan lain-lain. 

Terkait dana haji, jemaah haji diminta tidak perlu khawatir, karena dana tersebut saat ini ditempatkan di bank syariah 

“Dana haji sangat aman, aman, dan aman. Kami mohon kepada calon jemaah haji tidak perlu risau, gundah gulana karena tidak berangkat tahun ini. Intinya uang yang bapak ibu setor sangat aman," tandas Yandri. 

"Sekali lagi kami mendukung atas keputusan yang sudah kita ambil. Mudah-mudahan dengan keputusan ini ada sebuah kepastian bagi calon jemaah haji. Dan tertundanya keberangkatan calon jemaah haji semakin menambah pelayanan kepada jemaah haji ke depannya. Kami berharap kepada pemerintah Indonesia tetap melakukan lobi agar penerbangan dibuka. Karena kalau hajinya tidak bisa, mungkin kita bisa memberi kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan umrah di masa mendatang. Dan ini bukan tugas Kementerian Agama, melainkan Kemenlu, Kemenhub dan pihak lainnya," tutupnya.  

Penulis
Benny Andreyos
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca