Lompat ke isi utama
x

Jemaah Haji Gorontalo mulai Laksanakan Praktek Manasik Haji 

Gto

Gorontalo (PHU)--Awal tahun 2021, jemaah haji asal Provinsi Gorontalo mulai melaksanakan praktek manasik haji. Pelaksanaan praktek manasik haji tersebut dilakukan di Asrama Haji Gorontalo dengan fasilitas yang sudah disesuaikan dengan kondisi di Tanah Suci seperti miniatur Ka'bah, tawaf, serta lintasan sa'i.

Kepala Seksi Bina Umrah dan Haji Khusus Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Mansur Basir mengatakan sejak ditundanya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 lalu karena pandemi Covid19, Provinsi Gorontalo sejak September lalu sudah mulai melaksanakan program manasik haji sepanjang tahun.

Agar terus mendapatkan materi manasik kata Mansur, jemaah pun tidak segan-segan mengeluarkan biaya dengan cara patungan dengan jemaah lain agar dapat melaksanakan manasik haji di asrama haji.

"Mereka patungan untuk membiayai kegiatan setiap tanggal 10 bulan berjalan, hari ini mereka ingin memanfaatkan fasilitas asrama haji yang baru selesai dibangun, di antaranya lintasan Sa'i, pelataran Ka'bah dan studio manasik," kata Mansur melalui pesan singkatnya. Sabtu (16/01)

Dengan semangat ini, lanjut Mansur, Kemenag segera menfasilitasi sarana dan prasarananya juga menghadirkan para narasumber-narasumber yang berkompeten untuk menyampaikan manasik haji.

"Saya kebetulan diberi amanah untuk menyampaikan materi manasik haji teori dan praktik," katanya.

Gto

Selain dari Kemenag, narasumber lain juga dihadirkan dari Dinas Kesehatan Provinsi untuk menyampaikan materi terkait kesehatan haji juga memantau kondisi jemaah haji. "Selain itu, kita juga mengundang dari tim kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan jemaah haji," jelas Mansur.

Ia mengapresiasi jemaah haji karena dengan kondisi pandemi seperti ini, jemaah sangat bersemangat untuk melaksanakan serangkaian manasik haji ini.

"Bahkan mereka sejak hari jumat kmaren telah berada di asrama haji dan nginap satu malam, tujuaannya adalah untuk melakulan orientasi pengenalan kondisi hotel di asrama haji, mereka juga diberi tahu tata cara menggunakan lift, kamar hotel dan lain-lain," terangnya.

Ia juga sudah berkomunikasi dengan ketua kelompok jemaah haji, nantinya akan ada saru kali lagi pemantapan pembekalan manasik haji sekaligus untuk mencoba manasik pengenalan fasilitas dipesawat.

"Menurut ketua kolompok mereka, akan ada lagi untuk pemantapan 1 kali dan sekaligus mencoba pengenalan manasik di pesawat. Saat ink mock up pesawat masih dalam tahap finishing," tandasnya.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca