Lompat ke isi utama
x

Jemaah Haji Pesisir Selatan Diminta Pahami Ilmu Manasik

Ps

Painan (PHU) -- Jemaah Haji Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat diminta memahami ilmu manasik haji, sehingga ibadah haji yang dilakukan akan sempurna.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi saat membuka Bimbingan Manasik Haji di Masjid Miftahul 'Ulum Islamic Centre Sago. Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut Ia sampaikan bahwa untuk lebih menyempurnakan panggilan Allah, maka perlu dipahami yang terkait dengan ilmu manasik, agar sempurnalah ibadah jemaah haji.

"Kegiatan bimbingan manasik haji sangat penting karena dengan pemahaman yang mendalam tentang tata cara pelaksanaannya, maka ibadah haji yang dilakukan akan sempurna, serta menjadi benar dan sah," terangnya.

Helmi menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan pemenuhan panggilan Allah. "Kita diundang untuk datang kerumah Allah, maka sahutlah dan laksanakan panggilan itu dengan penuh keikhlasan," ujar Helmi.

Dirinya berharap semoga kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan yang memadai kepada jemaah tentang pelaksanaan haji bagi jemaah Kabupaten Pesisir Selatan.

Semantara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Abrar Munanda dalam sambutannya mengimbau agar seluruh jemaah bisa mengikuti kegiatan tersebut karena manasik merupakan kesempatan yang berharga dan peluang yang sangat luar biasa di dalam mempelajari rukun haji.

"Kegiatan bimbingan manasik haji menjadi penting karena sah dan tidaknya ibadah haji itu tergantung dari seberapa jauh pemahaman kita tentang tata cara pelaksanaannya, sehingga kita akan memperoleh haji yang mabrur,” ujar Abrar.

Kegiatan diikuti 56 orang jemaah dengan menghadirkan beberapa pemateri, antara lain Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi, Kepala Kantor Kemenag, Abrar serta Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Erna Juita. 

Penulis
zn/Kemenag Pesisir Selatan
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca