Lompat ke isi utama
x

Jemaah Haji Wajib Implementasikan Rukun Islam

Ok

Solo (PHU)--Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Khoirizi H. Dasir menegaskan sebelum menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, jemaah haji wajib mengimplementasikan 4 dari 5 Rukun Islam yakni syahadat, sholat, puasa dan zakat secara sempurna. 

Demikian ditegaskan Khoirizi saat Workshop Penyelenggaraan Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah Tahun 2021 yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah (5/5/2021). 

"Bagi calon jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Pasalnya sebagai ibadah yang merupakan bagian dari rukun Islam yang kelima, calon jemaah haji harus menyempurnakan empat rukun lainnya," kata Khoirizi. 

Sebagai rukun Islam terakhir, lanjut dia, haji Mabrur menjadi tujuan semua jemaah haji. Namun perlu disadari bahwasanya menjadi mabrur harus dilandasi dengan kesempurnaan rukun rukun Islam lainnya. 

Ia menyampaikan, bahwa calon jemaah haji harus menguasai dan mengimplementasikan syahadat, sholat, puasa dan zakat secara sempurna. Hal ini kaitannya dengan keimanan pada hati masing-masing jemaah haji. 

Dirinya juga menegaskan kembali bahwa haji merupakan panggilan dari miniatur kematian. "Pada pelaksanaan haji, semua jemaah mengenakan pakaian yang sama, tidak ada perbedaan apapun dari segi harta, ilmu, fisik dan lain sebagainya. Jemaah haji juga meninggalkan segala kenikmatan duniawi yang dimiliki," pungkasnya. 

Hadir dalam acara tersebut peserta dari Kementerian Agama se Solo Raya, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) serta civitas akademika IAIN Surakarta.

Penulis
Amnia Salma
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca