Lompat ke isi utama
x

Kabupaten Tulang Bawang Barat Sabet Peringkat Pertama Pencapaian Penyelesaian Pembangunan Gedung PLHUT Tahun 2020

Tbbbb

Lampung (PHU) --- Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubabar) Provinsi Lampung diganjar peringkat pertama dalam pencapaian penyelesaian pembangunan gedung yang dibiayai dari biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020 tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat Helmi, mendapatkan respon positif dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (PPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman terkait dengan Penyelesaian Pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT)  yang ada di wilayahnya.

Tbbb

"Alhamdulillah, ini tentu buah dari kerja sama, kerja keras semua unsur baik pemborong, kontraktor, pejabat maupun pegawai Kankemenag Tubabar. Saya berharap semoga respon positif dan penghargaan yang diperoleh pada pertengahan tahun 2020 ini akan menjadi motivasi untuk selalu berbuat yang lebih baik lagi untuk Kementerian Agama,  Masyarakat, Bangsa dan Negara, agar tidak merasa puas dengan capaian ini, walaupun sudah berada pada peringkat pertama dan tercepat dalam penyelesaian pembangunan PLHUT dari 40 Kabupaten yang menerima pembangunan PLHUT pada Tahun 2020,“ ujar Helmi. Rabu (02/09).

Helmi mengungkapkan, bahwa berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani bersama, pembangunan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2020 dan berakhir pada tanggal 08 Agustus 2020 dengan masa waktu 150 hari kalender.

 

Sedangkan dalam realisasinya pembangunan berakhir sebelum masa kontraknya selesai yaitu selama 149 hari kalender, tepatnya dimulai pada tanggal 12 Maret 2020 dan berakhir pada tanggal 07 Agustus 2020.  Bahan yang dipergunakan dalam pembangunan ini adalah bahan-bahan yang berkualitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk Progres pembangunan PLHUT secara fisik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat telah mencapai 100 persen sedangkan realisasi penyerapan anggarannya telah mencapai 86,5% dan sampai saat ini anggarannya masih dalam proses untuk optimalisasi dan pemeliharaan (retensi) gedung PLHUT tersebut,” katanya.

Capaian dan peringkat respon positif ini, kata Helmi, akan kita dilaporkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dan juga Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.

"Mudah-mudahan dengan adanya PLHUT di Tubabar, masyarakat akan bertambah banyak yang mau mendaftar haji, karena semuanya dapat dikerjakan dan diselesaikan di kantor ini nantinya,” imbuhnya

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, M. Ansori mengaku bangga atas prestasi Kantor Kemenag Tubabar di pertengahan tahun 2020.

 

"Saya bangga atas prestasi Kemenag Tulang Bawang Barat, khususnya Seksi PHU. Ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” kata Ansori.

Ansori menjelaskan bahwa PLHUT Tulang Bawang Barat ini merupakan pembangunan kali kedua bagi Provinsi Lampung dimana tahun sebelumnya yaitu Tahun 2019 telah dibangun PLHUT Kota Bandar Lampung. PLHUT Tubabar ini merupakan progres tercepat dan memperoleh peringkat pertama dalam penyelesaian pembangunan PLHUT di Tahun 2020. Dan PLHUT ini telah diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada tanggal 11 Agustus 2020", ucapnya.

Dengan diperolehnya predikat pertama dari 40 PLHUT Se-Indonesia, Ia berharap Provinsi Lampung akan menjadi dan mendapatkan perhatian khusus oleh Pemerintah Pusat agar tahun berikutnya diberikan pembangunan PLHUT lebih banyak lagi, karena masih ada 13 Kabupaten/Kota yang belum dilaksanakan pembangunan PLHUT.

Tbb

Untuk tahun 2021, Lampung mendapatkan satu buah proyek lagi yaitu Pembangunan PLHUT pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu dan Tahun 2022, Lampung juga sudah dilakukan survey oleh Tim Perencanaan Ditjen PHU Kemenag RI sebanyak 4 Kabupaten/Kota.

Hal senadapun disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Juanda Naim yang ikut mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan yang telah diperoleh oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat sebagai peringkat pertama dan tercepat dalam menyelesaikan pembangunan gedung PLHUT di Provinsi Lampung.

"Prestasi ini patut kita banggakan dan syukuri. Kabupaten Tulang Bawang Barat ini merupakan perwakilan Provinsi Lampung yang menerima pembiayaan proyek SBSN Proyek PLHUT Tahun 2020,” ujar Juanda.

Gedung PLHUT di Provinsi Lampung ini sebagai upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan pelayanan khususnya haji dan umrah kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Ia berharap dengan adanya perolehan PLHUT sebagai peringkat pertama dalam penyelesaian pembangunan ini bisa memacu Kementerian Agama, khususnya Kabupaten Tulang Bawang Barat, untuk memberikan yang terbaik tidak hanya dalam proses pembangunannya saja tetapi juga pelayanan yang prima kepada masyarakat. Dan juga bisa mempertahankan predikat tersebut pada proses pembangunan lainnya di kemudian harinya dengan mengedepankan kualitas bahan baku dan proses pembangunannya.

Untuk itu, Juanda mengajak kepada seluruh ASN untuk bersama-sama menjaga gedung PLHUT ini dengan baik sehingga dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Penulis
Anggithya Putri Senjaya
Editor
husni anggoro