Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Bekali Manasik dan Tauhid Haji kepada Calon Jamaah Haji Tarakan

Kakanwil Kemenag Kalimantan Utara Suriansyah

Tarakan (PHU) --- Kakanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah HanafiĀ  perjalanan ibadah haji tidak sekadar menunaikan rukun haji dari aspek fikih. Lebih dari itu, jamaah haji harus memaknai rukun Islam yang kelima ini sebagai bagian dari ketakwaan yang dituangkan dalam aspek tauhid.

"Secara hakikat, haji dilaksanakan karena panggilan ketauhidan. Kemudian yang menjalankan secara operasional yaitu tubuh. Maka perlu saya tekankan, tauhid haji ini harus dipandang dari dimensi syariat yang merupakan panggilan Tuhan," jelas Suriansyah.

Kakanwil Kemenag Kaltara

Suriansyah melanjutkan, sebelum pemberangkatan, keterpilihan jamaah haji juga bagian dari sunatullah. Bahwa tidak semua orang tergugah untuk menunaikan ibadah haji. Mereka yang dipanggil ke Ka'bah, adalah orang-orang pilihan Allah.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada para calon haji agar senantiasa bersyukur. Haji secara hakikat menjalankan visi ketuhanan. "Jadi, haji ini bukan sekadar seremonial. Harus ada visi ketauhidan, la Ilaha Illallah. Semua bentuk ibadah, termasuk salat, puasa, zakat, dan lain-lain, mengandung pesan-pesan ketauhidan," ucap Suriansyah pada saat bersua dengan calon jamaah haji di Tarakan. Kankemenag Tarakan menggelar Bimbingan Manasik dan Tauhid Haji kepada calon jamaah haji, dan Guru Agama Islam, Selasa (29/9).

Ketua Panitia Bimbingan Manasik dan Tauhid Haji Kota Tarakan Muhammad Aslam melaporkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 80 orang. "Peserta terdiri dari calon jamaah haji, guru agama Islam, Penghulu dan Penyuluh Agama Islam. Saat ini di Aula Kantor Kemenag Tarakan diikuti 40 orang. Kemudian ada lagi 40 orang penyuluh dan penghulu agama Islam di Islamic Senter Tarakan ," sebutnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni meningkatkan silaturahmi, pembinaan manasik, meningkatkan kemampuan calon jamaah haji, dan guru agama serta penyuluh dan penghulu dalam manasik tauhid haji.

Penulis
Humas Kanwil Provinsi Kalimantan Utara
Editor
Boy Azhar