Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Kemenag Aceh Tinjau Lokasi PLHUT dan Peletakan Batu Pertama Gedung Manasik Haji

aceh2

Banda Aceh (PHU)---Dalam rangkaian kunjungan kerja, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Iqbal meninjau lokasi pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kota Langsa, Selasa (11/8/2020).

Kakanwil mengatakan, didirikannya gedung PLHUT merupakan bentuk perhatian Kemenag sebagai tempat pelayanan pendaftaran haji.

“Alhamdulillah, pusat memberikan perhatian khusus terhadap Aceh dengan diberikannya dua gedung PLHUT ke Aceh pada anggaran tahun depan. Semoga ini dapat kita manfaatkan dengan baik,” kata Iqbal dalam acara di Gampong Teungoh, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa itu.

Ia meminta, nantinya PLHUT tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mendaftar dan mencari informasi haji dan umrah.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Kakankemenag Kota Langsa Salahuddin, Kakankemenag Aceh Timur Salman, Kabid Urais Binsyar Marzuki Ansari dan jajarannya, juga , dan Forkopimda dan jajaran Pemkot Langsa.

Untuk tahun 2020, sudah ada dua bangunan gedung PLHUT yang dibangun di Aceh, berlokasi di Aceh Besar dan Aceh Singkil.

aceh

“Untuk PLHUT Aceh Besar, di Kota Jantho, pengerjaannya baru sekitar 5 persen. Sedangkan di Singkil, di Pulo Sarok, hampir 15 persen,” sebut Kasi Administrasi Dana Haji Juhaimi. 

“Untuk 2021, sudah keluar rencana pagu anggaran, selain untuk Langsa, juga untuk Aceh Utara dan Aceh Tengah. Untuk 2022, yang sudah dan bakal mengajukan proposal, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, dan Aceh Barat,” tambahnya.

Tentang PLHUT Langsa, Kakankemenag Salahuddin mengatakan PLHUT yang ditinjau Kakanwil tersebut, dibangun dari dana bersumber SBSN tahun anggaran 2021.

“PLHUT ini dibangun tahun depan, kita berharap berjalan lancar dan sesuai perencanaan. Harapan kami kepada semua pihak dari Kanwil dan Pemkot Langsa untuk mendukung penuh pembangunan gedung ini,” kata Salahuddin.

Kakanwil sebelumnya, juga lakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Menurutnya, pelayanan haji butuh kerja ekstra, kita harus memastikan kepuasaan pelayanan jemaah.

Ia mengajak para petugas untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga kepuasaan jemaah haji terhadap pelayanan yang diberikan dapat meningkat dari tahun ke tahun.

“Tempat ini pernah dialihkan jadi Kantor Kemenag Kota Langsa, saat ini sementara waktu digunakan untuk pelayanan haji dan umrah,” urainya.

Kakanwil mengatakan KUA merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan keagamaan kepada masyarakat.

Ia juga mengharapkan ASN di KUA, senantiasa mengikuti aturan yang berlaku.

"Jangan ada pungli di KUA, ini harus betul-betul diingat, sebagai bentuk keikhlasan kita bekerja, tingkatkan etos kerja dan menjaga integritas," tutup Iqbal.

Selain agenda itu, Kakanwil juga menerima hibah tanah dari Pemerintah Kota Langsa seluas 16.609 meter yang dipergunakan untuk lanjutan pembangunan Madrasah Terpadu Kemenag Kota Langsa.

Penyerahan di madrasah terpadu Kemenag Langsa tersebut, dilakukan Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid kepada Kakankemenag  Kota Langsa Salahuddin. Acara disaksikan Kakanwil Kemenag Aceh dan Ketua DPRK Langsa Zulkifli.(ykb)

Penulis
Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro