Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Kemenag Banten Harap Moderasi Beragama Masuk Materi Pelatihan Petugas Haji

banten

Serang (FKAPHI)--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Nanang Fathurrahman berharap moderasi beragama dapat masuk kedalam materi dalan pelatihan petugas haji, dengan dimasukannya materi moderasi beragama, para calon petugas haji dapat memperkuat dirinya karena menghadapi karakteristik jemaah haji yang beraneka ragam.

"Saya akan sampaikan, mohon di dalam pelatihan petugas haji dapat dimasukkan lah pemahaman tentang moderasi beragama," kata Nanang saat menjadi narasumber pada Jagong Ramadhan yang diselenggarakan FKAPHI banten. Sabtu (24/4/2021).

Dengan berbagai budaya dan kebiasaan jemaah haji, kata Nanang, petugas haji dituntut untuk memperkuat peranan moderasi agama didalam penyelenggaraan ibadah haji

"Suka tidak suka, mau tidak mau bangsa kita ini adalah bangsa yang beragam bangsa yang majemuk dari Sabang sampai Merauke kita harus merawat ini semuanya kita jaga kebhinekaan ini dan kita sampaikan kepada kawan-kawan petugas haji ataupun calon petugas haji agar memperkuat peranan moderasi agamanya," jelasnya.

Moderasi beragama, lanjut Nanang merupakan program yang digaungkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut sendiri menyebut moderasi beragama penting ditanamkan di tengah kehidupan bangsa Indonesia yang kaya akan keberagaman.

Nanang pun mempersilakan kepada para seluruh pengurus FKAPHI untuk bisa memberikan pemahaman terkait penguatan moderasi beragama. "Mangga, carikan pembicara ataupun teman-teman yang bisa memberikan pemahaman tentang penguatan moderasi beragama ini bagaimanapun kita ini bangsa Indonesia yang cinta kepada bangsa Indonesia, merah putih ini harus dijaga harus dirawat NKRI adalah harga mati," tandasnya.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca