Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Sulbar Sampaikan Penguatan Moderasi Beragama Dalam Haji dan Umrah

mateng

Mamuju Tengah (PHU) --- Penguatan moderasi beragama menjadi salah satu program prioritas yang digaungkan oleh Kementerian Agama untuk diimplementasikan dalam seluruh aspek kehidupan beragama dan berbangsa, salah satunya adalah haji dan umrah.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Tengah Arsal Aras saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Kampanye Akbar Pembinaan dan Penguatan Literasi Haji dan Moderasi Beragama di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada Kamis (1/12/2022).

Dalam sambutannya, Aras turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas penyelenggaraan kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat Syafrudin Baderung yang turut hadir menyampaikan perihal moderasi beragama dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Dikatakannya bahwa pemahaman fikih Islam di seluruh dunia berkembang dengan berbagai cara, begitu juga yang ada di negara Indonesia.

"Bagaimana kita melihat cara beribadah masing-masing dan jangan membeda-bedakan. Kita harus menerima perbedaan, jangan kita memaksakan karena yang ada di Indonesia dan di Tanah Suci banyak yang berbeda ibadahnya dan harus kita terima. Itulah moderasi beragama," terang Syafrudin.

Dalam kegiatan yang sama, ia juga memberikan arahan dan materi terkait tata cara atau teknis pelaksanaan haji, sistem pembayaran haji serta meluruskan isu yang beredar di tengah masyarakat terkait investasi haji yang haram.

"Kita harus paham bahwa dana investasi haji adalah investasi yang syariah," tegas Syafrudin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kabupaten Mamuju Tengah Muliadi Rasyid, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Suharli, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mamuju Tengah Moh. Khozin dan para peserta kegiatan.

Penulis
Hedar
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca