Lompat ke isi utama
x

Kanwil Jateng Tinjau Pembangunan PLHUT Rembang

Kabid PHU Kanwil Jateng

Semarang (PHU) --- Peningkatan pelayanan kepada jemaah haji di Kemenag Kabupaten Rembang terus ditingkatkan, hal ini ditandai dengan dibangunnya Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Tengah Muh Saidun mengatakan saat ini Provinsi Jawa Tengah telah memiliki empat PLHUT yang dibagun tahun 2019, yaitu  Kabupaten Banyumas,  Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kota Semarang. 

Sedangkan pada tahun 2020, tambah Muh Saidun, Provinsi Jawa Tengah membangun empat PLHUT lagi yaitu Kabupaten Rembang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Cilacap. 

Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Tinjau PLHUT di Kabupaten Rembang

Saat meninjau progress pebangunan di Kabupaten Rembang, Saidun menyarankan pembangunan gedung PLHUT yang menggunakan dana SBSN ini agar dapat dipantau terus di lapangan. “Kalau bisa setiap hari. 

Ketika mengerjakan gedung dicek apakah sudah sesuai dengnan spek atau tidak,” ucap Saidun.

Saidun mengatakan, gedung PLHUT ini dibangun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang haji. “Kita tahu bahwa ruangan haji di semua daerah sangat tidak memadahi. Karena itu gedung ini dibangun supaya pelayanan lebih baik dan nyaman. Pelayanan juga akan menjadi terpadu satu pintu sehingga calon haji tidak perlu ke banyak kantor,” kata Saidu pada saat melihat progress pembangunan PLHUT Kabupaten Rebang. 

“Dengan dibangunnya gedung PLHUT, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dibidang haji,” tambah Saidun.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Tengah Muh Saidun  berharap, yakni pertama, Semua Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah dapat dibangun PLHUT. 

Kedua, Kantor-kantor dapat memberikan layanan dalam rangka pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji semakin representatif.

Ketiga, tambah Saidun, dengan adanya Gedung PLHUT bissa memberikan layanan yang semakin mudah dan murah bagi jamaah haji, karena dapat layanan secara terpadu, mereka tidak bolak-balik dari Kemenag, ke bank dan balik lagi ke Kemenag.

Keempat, ucap Saidun agar pegawai di seksi PHU dapat memberikan layanan semakin prima dan profesional.

Kelima,  Pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah umrah dan haji khusus juga dapat dilakukan dengan baik.

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar