Lompat ke isi utama
x

Kasi PHU Kotabaru: Pembimbing Haji Ujung Tombak Bentuk Jamaah Haji Yang Mandiri

bjms

 

Banjarbaru (PHU) – Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Hj. Siti Fatimah mengatakan pembimbing haji merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji Indonesia.

“Pembimbing haji ujung tombak Kemenag dalam membentuk jamaah haji yang mandiri selama menjalankan ritual haji,” katanya, saat mengikuti penutupan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional Angkatan II Tahun 2021, Rabu (17/11/21) di UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Menurutnya melalui kegiatan reguler sertifikasi pembimbing haji mempertajam peran pembimbing dalam melakukan penyelenggaraan ibadah haji bagi jamaah haji kita sehingga problematika penyelenggaraan haji dapat terintegritas dan sinkronisasi.

“Sertifikasi pembimbing haji untuk mewujudkan sumber daya pembimbing haji yang profesional,” ucapnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kotabaru H. Ahmad Kamal dalam keterangannya mengatakan sertifikasi haji yang baru saja selesai dilaksanakan sangat penting untuk menjawab segala tantangan dan problematika terkait penyelenggaraan haji, sehingga diperlukan koordinasi, integritas dan sinkronisasi semua unsur yang terkait khususnya  Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji.

Salah satu langkah konkret Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji teragnya, dengan melaksanakan sertifikasi pembimbing haji yang bertujuan menciptakan SDM yang memiliki profesionalitas dan kompetensi, dimana pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 pasal 3 ayat b, menyebutkan bahwa Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah bertujuan mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

"Tujuan dari sertifikasi salah satunya untuk meningkatkan kualitas, kreativitas dan integritas pembimbing manasik agar mampu melakukan aktualisasi potensi diri dan tugasnya secara profesional dalam rangka mewujudkan Jemaah haji mandiri baik dalam hal ibadah maupun perjalanan,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan H. Muhammad Tambrin yang menutup secara resmi kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah dalam arahannya mengharapkan kepada seluruh peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan ini dapat mengaktualisasikan semua materi yang telah didapatkan untuk menjadi pembimbing manasik yang bertelanta dan profesional.

“Semoga para peserta sertifikasi pembimbing haji ini dapat mewujudkan kemandirian jamaah haji dalam melaksanakan ritual haji baik selama di Tanah Suci maupun di Tanah Air,” harapnya.

Penulis
Aan
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca