Lompat ke isi utama
x

Kemenag Aceh Singkil Terus Pantau Pembangunan PLHUT Secara Berkala

Singkill

Banda Aceh (PHU)---Pengerjaan gedung Pusat Pelayanan Haji Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil terus dipantau dan dievaluasi secara berkala.

"Sampai awal September 2020, sudah lebih 40 persen realisasi pelaksanaan proyek bertingkat, yang lokasinya di sebelahan kantor induk di Pulo Sarok Singkil ini. Cor lantai dua pun sudah kering, lanjut dengan tiang beton lantai dua," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Aceh Singkil Istadi.

Selain mengontrol para pekerja dan pengerjaannya, evaluasi proyek dan pelaporan ke Kanwil Kemenag Aceh, Seksi PHU Singkil juga lancar layani calon jemaah haji. Kabar penundaan pemberangkaran jemaah haji ke Tanah Suci, tidak mengurangi semangat calon jemaah haji untuk mendaftar.

Singkil

“Alhamdulillah Seksi PHU Kemenag Aceh Singkil, dengan memperhatikan protokol kesehatan tetap eksis melayani jamaah yang akan mendaftar sebagai jemaah calon haji” ujar Istadi.

Protokol kesehatan bagi jajaran PHU, tamu, dan calon jemaah tetap dikontrol.

"Kepada seluruh jemaah yang akan mendaftar haji agar mengikuti protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan membudayakan antri saat pengambilan biometrik di Siskohat," pesannya.

Selain layani pendaftaran dan roses beberapa jemaah pelimpahan porsi, warga Aceh dari kabupaten di pesisir samudera, yang berbatasan dengan Sumatera Utara itu juga layani konsultasi haji dan umrah.

Sebeumnya dalam rapat virtual se Aceh, kepada jajaran Siskohat Kanwil dan untuk 23 Seksi PHU se Aceh, Kabid PHU Arijal ajak jajarannya tetap primakan layani jemaah. Di samping teliti pendataan, juga etap memperhatikan protokol kesehatan.

"Telitilah, jangan sampai ada persyaratan dokumen yang melanggar aturan, atau dilanggar jamaah, karena alasan, misalnya ada faktor 'kekeluargaan,'" ingat Arijal.

Sementara itu, Kasi Administrasi Dan Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Aceh Juhaimi menambahkan, bahwa Kankemenag Singkil satu dari dua pengusul pada tahun-tahun lalu, yang dapatkan alokasi dana PLHUT 2020.

"Satu lagi yang sedang dikerjakan ialah PLHUT Kankemenag Aceh Besar di depan kantor induknya di Kota Jantho. Pengerjaannya juga sudah lebih 30 persen," ujarJuhaimi.

"Tahun Anggaran 2021, Aceh juga mendapat alakasi dana untuk tiga PLHUT, yakni Kankemenag Kota Langsa, Aceh Utara, dan Aceh Tengah," tutup Juhaimi.

"Untuk anggaran 2022, ada tiga Kankemenag yang sudah mengajukan proposal PLHUT adalah Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Aceh Barat Daya," tutupnya.

Penulis
Yakub Kemenag Aceh
Editor
husni anggoro