Lompat ke isi utama
x

Kemenag Akan Ubah Citra Asrama Haji

tangerang

Tangerang (PHU)—Kementerian Agama melklui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) akan mengubah kesan dan citra asrama haji. Menurut Plt. Dirjen  PHU Oman Fathurahman mengakui saat ini masyarakat mesih menganggap asrama haji itu masih disetarakan dengan asrama mahasiswa (Student Dormitory) yang terkesan murah.

“Saat ini kita ingin me-rebranding asrama haji yang tadinya terkesan bahwa kalau asrama itu seperti student Dormitory atau asrama mahasiswa kesannya tuh murah gitu,” kata Oman saat mendampingi kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI di Kantor Walikota Tangerang. Rabu (03/02).

Oman menjelaskan, salah satu dari prioritas dan arahan Presiden kepada Menteri Agama sekarang adalah peningkatan pelayanan melalui transformasi digital dan peningkatan pelayanan termasuk pelayanan di bidang penyelenggaraan Haji dan umrah. Ia melihat di dalam asrama haji mempunyai 3 fungsi antara lain fungsi pelayanan, fungsi sosial dan fungsi edukasi.

“Saya kira kalau ketiga fungsi ini nanti bisa dihidupkan di asrama haji di Tangerang ini itu pasti juga akan menopang pertumbuhan perekonomian juga di kota Tangerang khususnya saya sangat yakin gitu gambaran bahwa sekarang kami sedang melakukan rebranding terhadap asrama haji jadikan dalam konteks fungsi pelayanan dan fungsi sosial fungsi sosial ini maksudnya kan asrama haji inginnya tidak hanya hidup pada masa pelayanan Haji saja tapi kan bisa dipakai gedungnya kemudian kamar-kamarnya itu untuk pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Sebagai fungsi edukasi, asrama haji direncanakan akan dibangun juga pusat edukasi haji dan umrah. “Saya ini mohon support, mumpung ini dari awal, jadi nanti juga bisa kita pikirkan bagaimana caranya supaya asrama haji itu sebagai fasilitas yang elit, dan dari kami di Kementerian Agama Ditjen penyelenggaraan Haji dan umrah ingin menyampaikan komitmen kami,” ujar Oman.

Ia menegaskan, keberadaan Asrama Haji sejatinya tidak hanya dapat digunakan pada musim haji saja. Tapi keberadaanya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan produktif sepanjang tahun, dan bukan hanya diperuntukkan oleh calon jemaah haji saja.

Dirinya mengungkapkan, Kemenag berharap semua asrama haji di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. “Termasuk calon asrama haji di Tangerang ini, dapat beroperasi maksimal sepanjang tahun dan bermanfaat untuk semua kalangan masyarakat, bukan hanya jemaah haji saja,” kata Oman. 

Tampak hadir pada Kunjungan Kerja Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, Kepala Bagian Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Slamet, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang dan Kepala Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten.

 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca