Lompat ke isi utama
x

Kemenag Banten Teken MoU Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah dengan UIN Banten

Banten

Serang (PHU)--Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terus melaksanakan manasik haji sepanjang tahun kepada jemaah haji yang akan berangkat maupun jemaah haji dalam masa tunggu.

Jumlah pembimbing haji pun harus sebanding lurus dengan jumlah jemaah haji yang akan diberikan manasik, maka dari itu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten melakukan kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten sebagai penyelenggara Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah.

Banten

Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fathurrahman mengucapkan terima kasih  kepada UIN SMH atas kerjasamanya dalam menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik ini," kata Nanang dalam sambutannya saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Program Setifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah di UIN SHM Banten. Jumat (14/01/2022).

Nanang juga berharap secapatnya penetapan kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi segera diumumkan. Ia mengakui daftar tunggu keberangkatan jemaah haji di Banten sudah mencapai 25 tahun ditambah dengan tidak diberamgkatkannya Jemaah haji pada masa pandemi ini selama 2 tahun.

"Jadi, daftar tunggu jemaah haji banten sudah mencapai 27 tahun," terangnya.

Apalagi kata dia, jemaah haji Banten sudah tidak sabar untuk melaksanakan haji ke Tanah Suci. "Mereka sudah sangat rindu ke Baitullah," kata dia.

Selain Kanwil Banten, dilaksanakan pula penandatanganan MoU antara Forum Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Banten dengan UIN SMH.

Turut Hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, Rektor UIN SMH Wawan Wahyuddin, Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji Kemenag Arsyad Hidayat serta Ketua FKAPHI Banten Deni Rusli.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca