Lompat ke isi utama
x

Kemenag Barito Timur Gandeng Puskesmas dan RSUD Bina Kesehatan Jemaah Haji

bartim

Barito Timur (PHU) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, GAbdul Majid Rahimi mengatakan, pihaknya telah melakukan pembinaan kesehatan kepada jemaah haji dengan menggandeng berbagai instansi terkait seperti dinas kesehatan, puskesmas dan lain-lain sebagainya.

Antara lain dengan melakukan strategi pembinaan kesehatan jemaah dengan sistem berjenjang. Yang dimaksud dengan berjenjang itu yakni pelayanan pemeriksaan kesehatan dilakukan mulai dari Puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) yang terdapat di desa-desa hingga sampai ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Selain itu, Kemenag juga selalu berkoordinasi dengan puskemas untuk pelaksanaan tahap satu pemeriksaan kesehatan.

“Termasuk pemeriksaan kesehatan tahap dua di RSUD pun dilakukan demikian. Seperti untuk pelaksanaan tes kebugaran jemaah haji, dan lain sebagainya,” tuturnya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan webinar Komunikasi Informasi Edukasi Virtual Advokasi Haji yang dihadiri peserta dari unsur jemaah haji, KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah), pemerintah daerah, penyuluh KUA (Kantor Urusan Agama), tokoh masyarakat dan ormas Islam di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dan disiarkan secara langsung melalui facebook, Jumat pagi, (13/11).

Selain itu, sambung dia, juga dilakukan pelayanan vaksin meningitis dan influenza oleh dinas kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangkaraya.

“Dan setiap jemaah haji yang sudah divaksin berhak mendapatkan surat kesehatan vaksinasi dari Dinas Kesehatan Barito Timur. Tidak sampai disitu, saat kembali ke tanah air, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan kembali,” tuturnya lagi. 

Penulis
mario
Editor
husni anggoro