Lompat ke isi utama
x

Kemenag - Forkopimda Kota Padang Panjang Sinergi Sosialisasikan KMA 660/2021

PP

Padang Panjang (PHU)—Kementerian Agama Kota Padang Panjang kembali Sosialisasikan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021M/1442H.

Sosialisasi ini mengundang para  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Ketua Pengadilan Agama Kota Padang Panjang, Kepala Kejaksaan Negeri Padang Panjang, Kapolres Padang Panjang, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang, Kepala Disdukcapil Kota Padang Panjang, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Kabag Kesra Kota Padang Panjang, Kasi Kesejahteraan Masyarakat Kota Padang Panjang, Kasi Bimas Kemenag Kota Padang Panjang, Bendahara Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Padang Panjang, Penyusun Rencana Program dan Anggaran Kemenag Kota Padang Panjang, dan Humas Kankemenag Kota Padang Panjang beserta seluruh JFU Haji dan Umrah.

Dipimpin langsung oleh Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Gusman Piliang serta Kasi PHU Endang Sriyani untuk lintas Sektoral Pemerintah Kota Padang Panjang ini berlangsung di Lesehan Bambu Pajok, Silaiang Bawah Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Selasa (22/06/2021)

Menurut Gusman, kegiatan sosialisasi ini adalah sebagai diseminasi bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema Haji 1442 Hijriyyah/2021 Masehi hanya untuk warga negara Saudi dan warga Ekspatriat (Mukimin). Sehingga Pemerintah Republik Indonesia juga menyampaikan bahwa keselamatan dan keamanan jemaah selalu menjadi pertimbangan utama untuk tidak memberangkatkan kembali jemaah hajinya.

Keputusan ini diambil menimbang keselamatan dan keamanan jemaah haji dari Ancaman Covid-19 yang belum mereda. 

"Marilah kita turut serta meneruskan Informasi Penting ini kemasyarakat, agar masyarakat kita khususnya jemaah haji yang batal berangkat asal Padang Panjang mendapatkan pencerahan dan edukasi," kata Gusman.

Sementara itu Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipl (Disdukcapil) Kota Padang Panjang Maini mengatakan pihaknya siap meneruskan Informasi Penting ini agar masyarakat kita tidak terpancing dengan berita bohong (Hoax) yang tidak bertanggung jawab.

"Kita harus mampu mengedukasi jama'ah agar mereka bisa bersabar menerima ujian ini," tutur Maini.

Senada dengen Maini, Kajari Kota Padang Panjang Robert Rasmi siap untuk bekerjasama dalam meneruskan informasi-informasi penting yang dikeluarkan oleh Kemenag, Ia juga berharap jemaah haji yang tertunda keberangkatannya tahun ini diberikan motivasi dan edukasi pemahaman oleh pemerintah.

"Kami siap bekerja bersama-sama meneruskan Informasi Penting dari Kementerian Agama dan berharap kita tabah dan sabar dengan ketentuan Allah bahwa jama'ah kita dari Indonesia belum diizinkan berangkat ke tanah suci tahun ini, mudah-mudahan pemerintah tetap memberikan motivasi dan edukasi untuk kita semua,” ujar Robert. 

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Endang Sriyani, juga berharap para pimpinan Forkopimda agar sering berkomunikasi dengan Kemenag  Kota Padang Panjang terkait Haji dan Umrah atau hal lainnya.

"Terimalah informasi dari sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, jangan mudah percaya dengan isu yang berkembang di Media Sosial. Kami siap memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat khususnya tentang jemaah haji,” tutur Endang.

Penulis
Supriadi
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca