Lompat ke isi utama
x

Kemenag Gandeng KBIHU Kota Padang Panjang Sosialisasikan KMA 660/2021 

Pp

Padang Panjang (PHU)--Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) kembali mengadakan Sosialisasi Tahap keempat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaag haji Tahun 1442H 2021M.

Bertempat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Padang Panjang yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bustami membuka kegiatan Sosialisasi ini dengan menghadirkan Narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah yakninya Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Zilwadi.

Kali ini, Kemenag Kota Padang Panjang menggandeng beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) di Kota Padang Panjang, Pimpinan Bank Nagari Syariah Kota Padang Panjang, Pimpinan BSI Kota Padang Panjang, Pimpinan BNI Syariah Kota Padang Panjang, Pimpinan BRI Syariah Kota Padang Panjang, Ketua KBIH Al-Mabrur Kota Padang Panjang, Ketua KBIH Armina Kota Padang Panjang, Kepala Seksi dan Pejabat JFT/JFU di lingkungan Kankemenag Kota Padang Panjang.

Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar Zilwadi mengatakan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji pada musim haji 1442H/2021M ini karena alasan keselamatan terkait pandemi Covid-19. Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan kembali keberangkatan haji tahun ini, sebagai aparatur pemerintah bersama pihak penyelenggara terkait yakni Bank-Bank Syariah maupun KBIHU harus turut serta ikut meneruskan Informasi keputusan penting ini kepada masyarakat.

"Sesuai Instruksi dan Informasi dari Kemenag RI, pesan tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun ini harus sampai ke masyarakat serta pihak terkait, maka dari itulah diangkatkan kembali kegiatan sosialisasi ini khusus kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) di Kota Padang Panjang," jelas Buya sapaan akrab Ziwaldi.

Pp

Dirinya meminta peran serta para stakeholeder perhajian haji khususnya KBIHU serta Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih) untuk meluruskan informasi-informasi yang tidak benar terkait penyelenggaraan ibadah haji.

"Jangan sampai masyarakat terprovokasi dengan berita bohong (Hoax) yang tersebar luas di Dunia Maya, kita harus bersama-sama meluruskan informasi yang tidak benar," ujarnya.

Sementara itu Kasi PHU Kankemenag Kota Padang Panjang Endang Sriyani mengucapkan terimakasihnya kepada peserta, karena telah membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 ini.

“terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti acara ini dari awal sampai akhir dan kita harapkan partisipasinya ikut serta melakukan sosialisai kepada masyarakat nantinya," ujar Endang.

"Kami berharap, Allah memberikan jalan keluar yang terbaik khususnya bagi jemaah haji Kota Padang Panjang agar semakin kuat kesabaran dan sinergitas diantara kita," kata Endang.

Semantara itu salah satu pimpinan KBIHU yang hadir menyatakan siap ikut serta melakukan sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan kembali keberangkatan haji tahun ini dilingkungan kerja dan ditengah masyarakat.

"Kami siap bersinergi bersama Kankemenag melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi kepada jama'ah calon haji dan masyarakat" ujar Ketua KBIHU Al-Mabrur Kota Padang Panjang. 

Penulis
Supriadi
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca