Lompat ke isi utama
x

Kemenag Harap Jemaah Haji Jadi Agen Perubahan Dilingkungannya

khoirizi

Temanggung (PHU)--Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Khoirizi mengajak jemaah haji untuk menjadi agen perubahan dilingkungannya.

"Saya berharap jemaah haji yang pulang dari menunaikan ibadah haji untuk menjadi agen perubahan, jangan sampai 221rbu yang pulang dari haji tidak ada pengaruhnya dilingkungan masyarakat," katanya saat Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2021 di Temanggung, Jawa Tengah. Rabu (18/08/2021).

Diakuinya, saat ini tujuan berhaji sudah berbeda tidak lagi menjadi panggilan Allah tapi sudah menjadi tujuan politik, sosial dan bisnis. Dalam tujuan politik dengan berhaji dirinya bisa mendapatkan dukungan menjadi anggota DPR/DPRD,  pilkada, bahkan menjadi Dirjen.

Kedua, haji juga bisa menjadi tujuan berbisnis. "Ada juga sekarang tujuannya bisnis beli emas disana disini dijual, dari sini bawa obat bawa rokok sampai sana dijual," ujarnya

Ketiga adalah untuk tujuan sosial. Tujuan sosial karena ingin mendapatkan panggilan "pak haji" atau " bu haji". "Bahkan kalau tidak dipanggil dengan sebutan tersebut marah karena merasa dirinya sudah membayar biaya haji sampai hampir 40juta," terang Khoirizi.

Kenapa bisa seperti itu?, ia menilai jemaah haji tersebut karena bekal yang diperoleh saat manasiknya salah, seharusnya jemaah haji dibekali iman dan ibadah bukan untuk tujuan politik, bisnis dan sosial. Menurutnya, jemaah haji juga harus mengimplementasikan 5 Rukun Islamnya

"Karena bekalnya salah. Bekalnya bekal politik, bisnis dan sosial. Meskinya bekalnya adalah iman dan ibadah dan mengimplemenasikan 5 Rukun Islam. Syahadatnya mantap, salatnya tertib, puasanya penuh, zakatnya tidak pernah ketinggalan," ujarnya.

Pembatalan keberangkatan haji ini, kata Khoirizi hendaknya dijadikan momentum untuk memperdalam ilmu manasik hajinya agar nanti setelah pulang dari Tanah Suci mendapatkan predikat haji mabrur.

"Untuk mendapatkan haji mabrur harus sempurna dulu haji kita. Nah inilah kewajiban kita kedepan maka dengan dibatalkannya haji kita tahun ini tidak mencari kesalahan tapi kita cari manfaatnya dengan memperdalam ilmu manasik hajinya," tandasnya. 

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca