Lompat ke isi utama
x

Kemenag Kalsel - Pemda Balangan Sepakat Tingkatkan Layanan Jemaah Haji

kalsel

Balangan (PHU) - Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil} Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Rusbandi mengapresiasi atas kerja sama antara Kantor Kemenag Balangan dengan pihak Pemerintah Daerah Balangan terutama dalam hal layanan transportasi dan konsumsi jemaah haji dari daerah menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru dan sebaliknya saat pemulangan dari Asrama Haji ke daerah.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak pemerintah daerah Balangan, yang selama ini sudah berkenan bersinergi dengan Kemenag Balangan dalam rangka memfasilitasi transfortasi dan konsumsi jamaah haji Balangan,” katanya saat besilaturrahmi ke Kantor Sekretariat Daerah Balangan, Kamis (21/01).

Apresiasi tersebut disampaikannya usai mendengarkan penjelasan Kasubbag Bina Mental Spritual Bagian Kesra Pemkab Balangan Abdi Gafur. “Sudah menjadi agenda rutin bagi kami dalam memberikan layanan kepada jamaah haji, muai dari transfortasi hingga konsumsi, apalagi perjalanannya kan jauh, dari Balangan ke Banjarbaru jadi harus diperhitungkan betul agenda perjalanannya termasuk menentukan tempat istirahat untuk makan,” katanya.

Selain itu, tambah Gafur pihaknya juga rutin melaksanakan acara pelepasan dan penjemputan kedatangan jamaah haji di masjid Al Akbar Balangan. “Ini sesuai dengan koordinasi kita dengan Kemenag bahwa pelaksanaan acara seremoni pelepasan dan penjemputan kedatangan cukup dilaksanakan di daerah masing-masing,” katanya.

Senada dengan Gafur, Kasi PHU Kemenag Balangan Rahmadi membenarkan peran serta Pemkab Balangan dalam memberikan layanan kepada jamaah haji saat keberangkatan dan pemulangan sudah sangat bagus. “Bahkan bukan hanya transfortasi dan konsumsi, jamaah haji dan panitia juga diberikan baju seragam,” tambahnya.

Rahmadi selanjutnya memperlihatkan Peraturan Daerah Kabupaten Balangan nomor 27 tahun 2013 tentang penyelenggaraan ibadah haji di daerah. “Dalam perda ini pada BAB III pasal 9 disebutkan Pemerintah Daerah dapat melakukan fasilitasi terhadap calon jamaah haji daerah yang meliputi penyediaan transfortasi dan pengamanan serta pengawalan serta pasal 11 pemerintah daerah dapat menyediakan konsumsi selama diperjalanan dari daerah ke embarkasi dan sebaliknya,” terangnya.

Rahmadi menilai, Perda ini menjadi salah satu bukti tanggung jawab pemerintah daerah dalam memberikan layanan bagi jamaah haji di Kabupaten Balangan. “Semoga koordinasi dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat terus berlanjut untuk dapat bersama-sama memberikan layanan yang baik bagi jamaah haji,” harapnya.  

Penulis
Inmas Kalsel
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca