Lompat ke isi utama
x

Kemenag Kota Baru Gunakan Aplikasi Simpan Dokumen Haji

kalsel

Kotabaru (PHU)  -  Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU)  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru mulai menerapkan penyimpanan berkas dalam bentuk elektronik. 

"Sudah saatnya bagi kami untuk dapat menyesuaikan penyimpanan berkas dokumen jemaah haji dalam bentuk elektronik,  sebab setiap tahun berkas jemaah haji selalu bertambah,  sementara ruang dan lemari penyimpanan kita sudah penuh oleh berkas yang terdahulu," kata Kasi PHU Kemenag Kotabaru Fatimah,  Kamis (28/01)

Fatimah menerangkan, Aplikasi yang dinamakan dengan  Aplikasi e-file haji tersebut merupakan aplikasi ofline yang dibuat oleh pranata komputer Kemenag Kotabaru. "Dalam pelaksanaan penyimpanan nya setiap berkas pendaftaran jemaah haji akan kita scan terlebih dahulu dalam bentuk file pdf dan selanjutnya di upload kedalam aplikasi,"  terangnya. 

Fatimah menyebutkan berkas jemaah haji tersebut berupa Foto Copy KTP,  Kartu Keluarga,  Akta Kelahiran,  Buku Rekening,  Foto,  Bukti Setor Awal,  SPPH dan lainnya. "Semua berkas tersebut discan dan filenya di simpan secara elektronik,"  katanya. 

Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalsel H. Rusbandi menyambut baik atas inovasi yang dilakukan seksi PHU dalam pengarsifan berkas dokumen jemaah haji.  "Sampai saat ini,  baru Seksi PHU Kemenag Kotabaru yang mulai melakukan penyimpanan dalam bentuk elektronik,  saya berharap PHU di Kabupaten lain juga dapat menerapkan aplikasi oenyimpanan arsif elektronik tersebut,"  harapnya. 

Rusbandi menilai,  upaya yang dilakuakn PHU Kotabaru sudah cukup baik,  meski masih perlu peningkatan sistem penyimpanan.  "Jika sementara ini masih menggunakan aplikasi penyimpanan dalam bentuk offline,  semoga kedepan bisa ditingkatkan kedalam bentuk online,  sehingga lebih memudahkan petugas untuk dapat mengakses berkas tersebut,"  katanya. 

Penulis
Inmas Kalsel
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca