Lompat ke isi utama
x

Kemenag Nunukan Laksanakan Vaksinasi Meningitis Jemaah Haji Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik

nunukan

Nunukan (PHU) — Pembatalan keberangkatan Jemaah haji Indonesia tahun 2020 tertunda akibat pandemi Covid19, namun proses pembinaan dan pemeriksaan kesehatan terus dilakukan.

Sejak tanggal 5 - 13 Oktober 2020 Kementerian Agama melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kabupaten Nunukan terus melakukan pemeriksaan kesehatan dan Vaksin bagi jemaah haji Kabupaten Nunukan baik yang berdomisi di Sekitaran Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

Kepala Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan Sayid Abdullah menuturkan bahwa dalam pelaksanaan Ibadah Haji Kesehatan tubuh yang prima adalah hal sangat penting. Karena Ibadah haji ini juga merupakan Ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat.

“beribadah ditanah suci bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat calon peserta haji membutuhkan imunisasi yang dapat mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya. Karena itu, seluruh jemaah haji mereka harus mendapat vaksin meningitis,” kata Sayid di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur, Selasa (13/10).

Menurutnya, Vaksin meningitis diwajibkan karena penularan infeksinya cukup berisiko. Karena, penularan infeksi meningitis cukup berisiko, apalagi ketika dalam kondisi penuh sesak pada puncak haji. Dan ini juga merupakan aturan yang diwajibkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi, bahwa setiap jemaah mereka telah mendapat imunisasi meningitis menjadi syarat bagi calon haji untuk mendapatkan visa.

“Di Nunukan sendiri Alhamdulillah sudah berjalan, cuma masih ada kendala beberapa orang jemaah haji Nunukan yang berdomisi di Negara Tetangga Malyasia yang saat ini masih lockdown akibat Covid-19,” terangnya.

Ia berharap, pihak pemerintah Malaysia memberikan toleransi kepada jemaah haji asal Indonesia yang bermukim disana  untuk melakukan melakukan vaksin.

“Kami berharap nanti ada toleransi waktu dari Pihak yang menangani kesehatan ini, agar seluruh jemaah haji dapat di vaksin sebelum keberangkatan haji tahun depan,” harap Sayid.

Penyuntikan Vaksin meningitis sendiri dibagi 2 Zona, jemaah haji Nunukan dipusatkan di PKM Nunukan Kota dan Di Pulau Sebatik dilakukan di PKM Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur.

Penulis
Kemenag Kaltara
Editor
husni anggoro