Lompat ke isi utama
x

Kemenag Segera Siapkan Skenario Mitigasi Umrah 

HL

Jakarta (PHU)—Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) akan menyiapkan skenario mitigasi persiapan keberangkatan jemaah umrah Indonesia. Mitigasi ini merupakan respon setelah Menteri Luar Negeri Republik Indonesia merilis nota diplomatik dari Kedutaan Besar Arab Saudi pada Sabtu (9/10/2021) lalu. Pada rilis tersebut dijelaskan bahwa Arab Saudi akan segera membuka umrah untuk warga Indonesia.

“Kami dari Kementerian Agama Direktorat Jenderal penyelenggaraan Haji dan umrah sudah membuat tim untuk mempersiapkan berbagai skenario yang dalam rangka merespons nota diplomatik tersebut,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Jakarta. Senin (11/10/2021).

Kemenag, kata Hilman akan menyiapkan sistem dari mulai persiapan keberangkatan, masa keberangkatan, kehadiran di Saudi, pelaksanaan ibadah umrahnya sampai pulang ke Indonesia. “Ada banyak hal detail yang harus disiapkan, saya berharap para jemaah calon jemaah umroh yang saat ini sedang menunggu bisa bersabar menunggu informasi yang lebih komprehensif tentang bagaimana sebetulnya dan kapan umroh akan dilakukan,” jelasnya.

Hilman mengakui saat ini tren penyebaran Covid-19 di Indonesia prevalensinya sudah mulai berkurang dengan tingkat kesehatan masyarakat yang terdampak Covid-19 juga sudah semakin baik. Ia berharap ini merupakan modal awal bagi Bangsa Indonesia untuk bernegosiasi dengan Pemerimtah Arab Saudi bukan hanya pada masa umrah tetapi juga dalam melaksanakan ibadah haji tahun 2022 mendatang.

“Kami berharap bahwa tren Covid-19 di Indonesia saat ini prevalensinya yang sudah berkurang mudah-mudahan ini modal yang baik buat kita buat rakyat Indonesia untuk bernegosiasi dengan pemerintah Saudi Arabia pada masa umrah dan haji,” ungkapnya.

Penulis
husni anggoro
Editor
husni anggoro

Jumlah Pembaca